Bupati Dompu Membuka MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Berlangsung Meriah

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Dompu Membuka MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Berlangsung Meriah

Selasa, 10 September 2019
HBY saat menyampaikan sambutan. Foto RIS
Dompu, Berita11.Com - Pergelaran lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang XXVIII tahun 2019 tingkat Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di Lapangan Bola Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja yang dibuka oleh Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin (HBY) ditandai dengan pembunyian sirine dan ledakan mercon.

Pembukaan MTQ yang diselenggarakan Pemerintah Daerah melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Dompu ini berlangsung meriah, Selasa (10/9/2019) malam.

Pada kesempatan ini, tampak hadir Wakil Bupati Drs Arifuddin, SH, Kapolres Dompu AKBP, Erwin Suwondo, S.Ik, M.Ik, Dandim 1614/Dompu Letkol Czi Arif Hardiyanto, S.ip, Kepala Kemenag Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul Ilyas, M.Si

Kemudian Pimpinan OPD se-Kabupaten Dompu, Kepala SD/SMP/SLTA seKecamatan Dompu dan Woja, Kepala Desa dan Lurah. Se-Kabupaten Dompu, Toga/Toma se-Kabupaten Dompu, Ketua Ormas/Ormas Islam, Ketua KNPI/Ketua OKP/Ketua Organisasi Wanita dan rekan-rekan pers.

Bupati Dompu dalam sambutannya mengatakan, kegiatan MTQ bertujuan dalam menjaring potensi dan pembinaan Qori dan Qori’ah, Hafidz dan Hafidzah serta meningkatkan kegemaran membaca Alqur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Mushabaqah Tilawtil Quran adalah salah satu cara, salah satu media buat kita untuk terus mengembangkan syiar-syiar agama islam di bumi Nggahi Rawi Pahu, kita semua yang hadir pada malam hari ini semoga allah hadirkan juga hati dan jiwa kita untuk secara terus menerus mengikuti kegiatan semacam ini sebagai upaya kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT,” imbuhnya.
Panggung pegelaran lomba MTQ. Foto RIS 
Lewat kesempatan itu, HBY mengajak para orang tua lebih khusus di Kelurahan Kandai Dua yang merupakan pusat kegiatan MTQ supaya mau mengajak anak-anaknya untuk pergi mendengarkan pembacaan tilawatil Quran, supaya dapat mengingatkan pada nilai-nilai keagamaan yang selama ini menjadi bagian dari kehidupan.

“Kita semua tau Kandai Dua adalah kiblat bagi syiar agama islam di dompu, kita semua tahu orang-orang kandai dua adalah tempatnya para Qori dan Qoriah terbaik daerah ini, malam ini bukan alasan MTQ dilaksanakan di Kelurahan Kandai Dua, semoga syiar-syiar agama akan kembali cerah,” ujarnya.

HBY berharap, agar kegiatan-kegiatan semacam ini, akan terus dikembangkan atau dijalankan sebagai media untuk berlatih, sebagai media untuk menyiapkan segala sesuatunya sehingga momen yang akan datang dompu sudah siap untuk melaksanakannya, apalagi tahun 2020 mendatang Kabupaten Dompu bakal menjadi tuan rumah lomba MTQ tingkat provinsi NTB.

“Tahun depan, Insya Allah, Kabupaten Dompu dipercaya akan menjadi tuang rumah dan menjadi penyelenggara lomba MTQ pada tingkap provinsi tahun depan,” isyaratnya.  

Setiap malam selama kegiatan itu berlangsung, lanjut HBY, penonton akan dibagikan hadiah door price untuk itu, HBY mengajak para penonton untuk selalu setia menghadiri dan mendengarkan MTQ. 

“Kami sudah siapkan hadiah buat penonton atau pengunjung, jadi setiap malam akan membawa pulang hadia,” bebernya. [RIS/ADV]