Bupati IDP Pimpin Studi Banding Pemkab Bima di Bali

Iklan Semua Halaman

.

Bupati IDP Pimpin Studi Banding Pemkab Bima di Bali

Selasa, 17 September 2019
Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE Memimpin Studi Banding Pemkab Bima di Bali.


Bima, Berita11.com— Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri memimpin rombongan dari jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima peserta studi banding di Bangli Provinsi Bali, Senin (16/9/2019).  Bupati IDP dan jajaran diterima Bupati Bangli I Made Gianyah SH M.Hum di Desa Wisata Penglipuran yang merupakan desa terbersih dan terapik se-Indonesia.

Kasubag Informasi dan Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Zainuddin SS menjelaskan, studi banding dilaksanakan 16-19 September 2019. Kegiatan tersebut atas pertimbangan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik (good governance) kecamatan sebagai salah satu organisasi perangkat daerah  perlu ditingkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebagai bagian dari upaya peningkatan kinerja kecamatan, Pemerintah Kabupaten Bima melaksanakan studi banding bagi seluruh sekretaris camat. Ditetapkannya Kabupaten Bangli sebagai daerah tujuan studi banding karena telah mampu mewujudkan pelayanan yang baik dan responsive kepada masyarakatnya terutama di tingkat kecamatan,” ujar Bupati IDP.

“Saya instruksikan kepada seluruh peserta agar studi banding ini dijadikan sebagai momentum memperkaya khasanah inovasi dan strategi untuk terus memaksimalisasi capaian visi–misi Bima RAMAH dalam bingkai good governance,” ungkap Bupati Bima saat menyampaikan kata pengantar.


Dikatakannya, fokus studi banding diarahkan pada empat aspek antara lain pelaksanaan tugas koordinasi penyelenggaraan pemerintahan di tingkat lecamatan dan urusan penyelenggaraan pemerintahan umum, penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN), penyelenggaraan Pilkades dan pengelolaan dana desa serta pemberdayaan masyarakat desa dan inovasi kecamatan.

Dalam sambutan penerimaannya, Bupati Bangli I Made Gianyar, SH., M.Hum menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangli menyambut baik kehadiran Bupati Bima peserta studi banding dari Kabupaten Bima.

Pihaknya berharap dalam studi banding tersebut terjadi penukaran ide dan pengalaman yang dapat bermanfaat dalam dinamisasi pembangunan masing–masing daerah. 

Dalam studi banding tersebut, Bupati Bima membawa peserta 23 orang yang terdiri dari Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kabag Administrasi Pemerintahan, 15 orang Sekcam, 3 Kasi di kecamatan, Kasubag Otoda dan 2 staf teknis. [AN]