Dandim Lobar kini Dijabat Kolonel, Letkol Inf Ali Cahyono Pimpin Kodim 1614/ Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Dandim Lobar kini Dijabat Kolonel, Letkol Inf Ali Cahyono Pimpin Kodim 1614/ Dompu

Selasa, 10 September 2019
Sertijab Dandim Lobar dan Dandim Dompu di Aula Sudirman Makorem 162/ Wira Bhakti di Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Selasa (10/9/2019).


Mataram, Berita11.com— Jabatan Komandan Kodim 1606/ Lombok Barat (Lobar) dan Kodim 1614/ Dompu kini berganti. Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos. SH. M.Han memimpin acara serah terima jabatan Dandim dua wilayah tersebut di Aula Sudirman Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan Mataram, Selasa (10/9/2019).

Jabatan Dandim 1606/Lobar beralih dari Letnan Kolonel Czi Djoko Rahmanto S.IP kepada Kolonel Czi Efrijon Kroll S.IP, sedangkan jabatan Dandim 1614/Dompu beralih dari Letnan Kolonel Czi Arief Hadiyanto, S.IP ke Letnan Kolonel Inf Ali Cahyono S.Kom.

Usai mempimpin Sertijab, Danrem 162/WB mengucapkan selamat kepada pejabat baru Dandim 1606/Lobar dan Dandim 1614/Dompu serta para perwira yang masuk maupun yang pindah satuan Korem 162/WB.

“Saat ini Kodim 1606/Lobar sudah berganti tipe menjadi tipe A dengan pejabatnya berpangkat kolonel,” ujar Danrem.

Dijelaskannya, peningkatan status tipe Kodim berdasarkan keputusan Mabes TNI khususnya di kota provinsi dengan tujuan meningkatkan kinerja satuan, koordinasi dan komunikasi dengan Forkopimda maupun masyarakat yang ada di wilayah menjadi lebih baik mengingat di daerah kota provinsi memiliki permasalahan yang kompleks sehingga membutuhkan pengalaman yang lebih matang.

Setelah resmi berubah tipe dari dari tipe B menjadi tipe A, maka dapat dipastikan akan terjadi perubahan struktur organisasi Kodim 1606/Lobar secara bertahap mulai dari perwira staf hingga Kasdimnya akan berpangkat Letnan Kolonel.

Untuk Kodim 1614/Dompu, lanjut Danrem, pejabat lama sudah menjabat lebih dari dua tahun sehingga membutuhkan pergantian atau penyegaran dan pembinaan personel.
Selain itu, Danrem kelahiran Jakarta ini, juga menjelaskan berkaitan rencana perubahan status tipe Korem 162/WB menjadi tipe A, masih menunggu dari komando atas. “Sesuai rencana ke depan, Korem-Korem yang ada di provinsi akan diupgrade menjadi tipe A dengan pejabatnya berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen TNI),” terangnya.


Khusus Korem untuk wilayah NTB dan Bali dalam tak lama lagi akan mengalami perubahan menjadi tipe A. “Mohon doanya," harap Danrem.

Adapun pertimbangan perubahan tipe Korem, menurutnya, tingkat komplesitas tugas yang semakin berat, dan beban tugas serta kinerja satuan satu level dengan Polda yang memiliki wilayah yang sama sehingga membutuhkan penyetaraan dengan harapan komunikasi dengan Forkopimda lebih lancar.

Danrem juga meminta kepada seluruh awak media untuk memberikan dukungan kepada para pejabat Dandim jajarannya yang ada di daerah, mengingat media bagi TNI sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain acara serah terima jabatan, juga dilakukan acara penerimaan dan pelepasan para perwira, di antaranya Mayor Abdul Samad dari Kasdim 1620/Loteng menjadi Pamen Kodam IX/Udayana dan digantikan Mayor Inf Dian Aksmiyandita yang sebelum menjadi Pamen Kodam IX/Udayana, Mayor Inf Ahmad Nurodin Hidayat sebagai Kasdim 1628/Sumbawa Barat yang sebelumnya menjabat sebagai Pasi Bhakti TNI Siter Rem 161/WS.  

Acara Sertijab yang dihadiri Kasrem 162/WB Letnan Kolonel Inf Endarwan Yansori, para Dandim dan Kasi, Danyonif 742/SWY, Dan/Ka Satdisjan, para perwira, bintara dan tamtama, PNS dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem beserta seluruh pengurus. [MR]