Dari Sertijab Kapolsek Donggo: Bambang Pergi, IPTU Sukarmin Datang

Iklan Semua Halaman

.

Dari Sertijab Kapolsek Donggo: Bambang Pergi, IPTU Sukarmin Datang

Senin, 02 September 2019
Suasana Serah Terima Jabatan Kapolsek Donggo yang Berlangsung di Halaman Mako Polres Bima, Senin (2/9/2019).

Bima, Berita11.com— Jabatan Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Donggo berganti. Pejabat lama, IPTU Bambang Indrat Sugianto S.Sos digantikan oleh IPTU Sukarmin yang sebelumnya merupakan Kasubag Sarpras Bagian Sumda Polres Bima Kota. Serah terima jabatan kedua perwira tersebut dilaksanakan di halaman Polres Bima, Senin (2/9/2019).

Kegiatan upacara Sertijab dipimpin Kapolres Bima AKBP Bagus S. Wibowo S.I.K yang bertindak sebagai inspektur dan komandan upacara IPDA Ruslan Agus. Selanjutnya, IPTU Bambang Indrat Sugianto S.Sos menduduki jabatan baru sebagai Kapolsek Brang Rea Polres Sumbawa Barat.

Dalam amanatnya, Kapolres Bima mengatakan,  upacra sertijab berdasarkan Surat Telegram Kapolda NTB Nomor: STR/405/VIII/2019 tanggal 27 Agustus 2019 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda NTB. “Untuk Polres Bima terdapat pergeseran, mutasi jabatan Kapolsek Donggo dari pejabat lama IPTU Bambang Indrat Sugianto, S.Sos digantikan pejabat baru  IPTU Sukarmin,” katanya.

Dikatakannya, mutasi adalah hal yang biasa dan wajar dalam sebuah organisasi. Apalagi organisasi besar seperti Polri  bertujuan melakukan penyegaran dan pengembangan karier dari personil. “Perlu diingat bahwa sebuah jabatan merupakan amanah dan kepercayaan tidak hanya oleh pimpinan Polri tapi juga dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Kapolres.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada IPTU Bambang Indrat Sugianto S.Sos atas segala dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab selama menjabat sebagai Kapolsek  Donggo. Demikian halnya kepada istri, pihaknya menyampaikan terima kasih karena sudah mendukung pelaksanaan tugas suami selama menjabat sebagai Kapolsek Donggo. 

“Kami mendoakan yang terbaik dan sukses selalu kepada saudara IPTU Bambang dan keluarga di manapun ditugaskan,” ucap Bagus.

Kapolres menyampaikan ucapan selama datang kembali untuk IPTU Sukarmin. Karena sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolsek dan jabatan lain di Polres Bima.”Saya memberikan penekanan dengan beberapa poin yaitu segera menyesuaikan diri dan kenali lingkunganinternal dan eksternal dengan cepat dan cermat beserta potensi yang ada,” katanya.

Selain itu, Kapolsek baru diharapkan menindaklanjuti hal positif yang sudah dilakukan oleh pejabat lama serta melaksanakan pembenahan apabila ada kekurangan. Banyak tugas-tugas yang menanti  seperti pemilihan BPD, penanganan Karhutla dan tugas lain. IPTU Sukarmin juga diharapkan mampu memimpin dan mengendalikan seluruh anggota di bawah kepemimpinannya. 

“Kepada ibu-ibu Bhayangkari agar dapat memberikan dukungan moril kepada suami dalam melaksanakan tugas,” harapnya.

Sementara itu, mantan Kapolsek Donggo IPTU Bambang Indrat Sugianto S.Sos mengatakan, ketika menerima TR sebagai Kapolsek Donggo, pada saat itu sepekan memikirkan hal tersebut karena sebelumnya dirinya mengetahui Bima merupakan daerah yang rawan teroris dan kriminal lainnya.

“Saya pribadi melihat bahwa masyarakat Bima pada umumnya berwatak keras, namun masih bisa kita jalin rasa persaudaraan dan komunikasi yang baik sehingga dalam melaksanakan tugas tetap aman dan lancar,” katanya.

Diungkapkannya, semenjak menjadi perwira dan bertugas di Polres Bima sebagai Kapolsek Donggo, dirinya menemukan pemimpin yang baik. Karena Kapolres Bima AKBP Bagus S. Wibowo S.I.K adalah sosok sangat tegas. 

“Perlu saya garis bawahi bukan berarti pemimpin sebelumnya tidak baik, tetapi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya mohon doa kepada rekan-rekan agar di tempat tugas yang baru saya dimudahkan dalam urusan tugas oleh yang maha kuasa Allah SWT,” harapnya.

Sementara itu,  IPTU Sukarmin mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kapolres Bima yang telah melantiknya Kapolsek Donggo dan sebelumnya dirinya pernah menjabat sebagai Kapolsek Tambora.

“Saya mengharapakan doa dan bantuan, motivasi, dorongan ataupun petunjuk dalam pelaksanaan tugas sehingga bisa melaksanakan tugas sesuai aturan, jujur mungkin pada saat saya sebagai Kapolsek Tambora banyak kesalahan yang saya lakukan dan lewat kesempatan ini meminta maaf atas pelanggaran ataupun kesalahan yang saya pernah lakukan sebelumnya,” katanya.

Dalam sambutannya, Kapolres Bima mengajak para peserta upacara Sertijab memanjatkan syukur kepada Allah SWT. Diharapkannya, kegiatan yang dilaksanakn dapat meningkatkan rasa persaudaraan semuanya sehingga silaturahmi tetap terjaga.

“Banyak yang saya perhatikan dan menilai terhadap pejabat lama selama melaksanakan tugas sebagai Kapolsek Donggo, sudah cukup baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehingga situasi di wilayah Donggo tetap dalam keadaan kondusif,” ujarnya.

Dikatakannya, dari penilaian masyarakat Donggo tentang kinerja pejabat lama sangat baik dan meninggalkan kesan yang sangat baik. “Saya ucapkan kepada pejabat lama selamat bertugas ditempat tugas baru. Secara pribadi saya meminta maaf kepada pejabat lama mungkin selama tugas di Polres Bima saya salah kata ataupun tingkah laku,” ucap Kapolres.

Pihaknya menyampaikan ucapan selamat datang kepada pejabat baru. “Apa yang disampaikan oleh bapak tadi itu merupakan bentuk semangat bapak. Semoga dalam pelaksanaan tugas ke depan meninggalkan kesan yang baik untuk masyarakat lebih-lebih buat institusi dan itu semua tergantung dari kemauan kita semua. Saya rasa pejabat lama tidak butuh waktu yang baru untuk penyesuaian diri ditempat tugas yang baru karena sebelumnya pernah bertugas di Polres Bima,” katanya.

Sertijab Kapolsek Donggo diikuti 1 peleton perwira yang terdiri dari PJU, perwira staf Polres Bima dan Kaposlek jajaran Polres Bima, 2 peleton Dalmas Satuan Sabhara, 1 peleton gabungan staf Polres Bima, 1 peleton Satuan Lantas Polres Bima, 2 peleton gabungan Satuan Intelkam, Satuan Reskrim dan Reserse Narkoba, 1 regu gabungan ibu Bhayangkari Cabang dan Ranting Polres Bima serta 1 regu ASN Polres Bima.[MR]