FPKT Kabupaten Bima Grand Launching Bengkel Book

Iklan Semua Halaman

.

FPKT Kabupaten Bima Grand Launching Bengkel Book

Jumat, 27 September 2019
Penyerahan Bantuan oleh Pengurus FPKT Kabupaten Bima kepada Karang Taruna Desa Kawuwu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, Kamis (26/9/2019). Foto Ahmad.


Bima, Berita11.com— Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kabupaten Bima meluncurkan secara resmi (grand launching) Bengkel Book, program inovasi pemberdayaan ekonomi kreatif berbasis inklusi sosial. Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Desa Kawuwu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, Kamis (27/9/2019).

Ketua FPKT Kabupaten Bima, Irfan DJ SH, dalam sambutannya menyampaikan program bengkel book adalah upaya untuk penyeimbangn ketertinggalan informasi. “Hal yang paling penting, kita harus mengetahui inklusi sosial, bahwa selama ini perpustakaan merupakan hal penting bagi orang pedesaan,” katanya.

Dijelaskannya, inklusi sosial adalah upaya bagaimana mendampingi orang-orang pada aspek ekonomi, sosial dan edukasi hingga menuju tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

“Bengkel Book ini merupakan program pertama yang kami laksanakan dan Desa Kawuwu adalah desa peratama kami melaksanakan grand lounching inovasi ini,” katanya.

Bengkel book diarahkan untuk meningkatkan kegemaran membaca dan upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui literasi. Karena literasi mempunyai peranan penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.

Diharapkan, dengan adanya program ini, tempat berkumpul pertemuan bagi masyarakat khusunya generasi muda sebagai sarana menguatkan tali silaturrahmi antarmasyarakat dengan tokoh, maupun masyarakat dengan unsur pemerintahan. Muara yang diharapkan, program pemberdayaan masyarakat  melalui FPKT Kabupaten Bima bisa menunjang ekonomi masyarakat. “Walau tidak maskimal, setidaknya bisa meringankan beban kebutuhan hidup,” imbuhnya.


Diisyaratkannya, program tersebut juga akan dikembangkan di lokasi lain, sehingga desa-desa lain akan menjadi sasaran program.

Sekertaris Desa Kawuwu Kecamatan Langgudu, Muhamad Sidik S.H menyampaikan terima kasih pada Pemkab Bima dan Ketua FPKT memberikan bantuan lansung pada generasi muda yang ada di desa setempat.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa menjadi motivasi adik-adik Karang Taruna untuk bisa memberikan contoh-contoh pada generasi yang ada di Kabupaten Bima,” harapnya.

Ketua Karang Taruna Desa Kawuwu, Indra menyampaikan apresiasi kepada FPKT Kabupaten Bima. “Terima kasih banyak pada Ketua FPKT Irfan Dj S.H yang sudah memberikan bantuan lansung pada kami seperti satu kompresor dan satu dus oli motor dan satu kotak dus kunci perlengkapan bengkel,” katanya.

Bantuan lainnya yaitu  alat tambal bang dan karet tambal ban. Satu rak buku dan satu dus buku tulis. “Ini semua kami akan gunakan agar generasi yang ada di Desa Kawuwu ini bisa berkeja dan tidak lagi meminta uang saku pada orang tua. Lebih-Lebih agar tidak menyusakan orang lain,” katanya. [AD]