Kabupaten Bima Menuju Desa Tanggap, Tangkas dan Tangguh Bencana

Iklan Semua Halaman

.

Kabupaten Bima Menuju Desa Tanggap, Tangkas dan Tangguh Bencana

Senin, 02 September 2019
Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE Bersama Pimpinan DPRD Kabupaten Bima dan Para Tokoh.


Bima, Berita11.com— Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE mencanangkan desa tangguh bencana di Kabupaten Bima. Pencanangan tersebut dilangsungkan di kantor Desa Dumu Kecamatan Langgudu Minggu (1/9/2019).

Bupati Bima mengatakan dengan adanya desa tangguh bencana (Destana) di dua desa setempat, merupakan upaya mengedukasi masyarakat kesiagaan terhadap bencana, sehingga berpengaruh baik terutama bagaimana bertindak dan meminimalisi korban jika terjadi bencana.

“Oleh karena itu penempatan peran masyarakat sebagai prioritas utama dengan kata lain masyarakat menjadi pihak utama dalam menangulangi bencana,” katanya.

Dikatakannya,  relawan Destana memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan masyarakat. sebagaimana konsep kesiapsiagaan dan penangulangan bencana alam, pemerintah bersama PMI, BPBD dan para relawan terus berupaya memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang mengalami musibah atau bencana, karena itu merupakan tugas utama dalam menyelamatkan masyarakat dari musibah bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Ir H Nurdin  mengatakan, desa tangguh bencana adalah dalam rangka menyikapi kejadian bencana. Tidak lagi dengan sikap responsif, namun sudah mengutamakan upaya preventif yaitu pengelolaan risiko bencana, sehingga masyarakat 
pun harus memiliki peranan. Demikian pemangku kepentingan sangat penting dalam melakukan mitimigasi bencana.

Menurutnya, pembentukan desa tangguh bencana merupakan upaya secara kelembagaan dalam masyarakat mengurangi risiko bencana serta sebagai wujud kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana.  

“Kami selaku Kalak BPBD Kabupaten Bima selalu berusaha mengimplementasikan penguatan kelembagaan masyarakat tersebut dengan mensinergikan berbagai elemen yaitu pemerintah, masyarakat dan pengusaha agar bisa terwujud masyarakat Desa Dumu dan Desa Kangga yang tanggap, tangkas dan tangguh dalam menghadapi bencana,” katanya.

Pada saat kegiatan tersebut, Pemkab Bima menyerahkan bingkisan Sembako untuk warga Des Dumu dan Kangga yang secara simbolis diterima masing–masing 10 orang. Pemkab Bima juga menyerahkan 1 ton beras untuk masing-masing desa yang bersumber dari cadangan pangan Pemerintah Kabupaten Bima. [MR]