Pemda Perlu Antisipasi Reaksi atas Permasalahan Warga Bima di Papua, H Fitrah Malik: Gadeng Semua Tokoh!

Iklan Semua Halaman

.

Pemda Perlu Antisipasi Reaksi atas Permasalahan Warga Bima di Papua, H Fitrah Malik: Gadeng Semua Tokoh!

Jumat, 27 September 2019
Tokoh Masyarakat Bima, Drs H Fitrah Malik.



Bima,Berita11.com— Tokoh masyarakat Kabupaten Bima yang juga ulama, Drs H Fitrah Malik mengingatkan pemerintah daerah mengantisipasi potensi reaksi masyarakat Bima atas permasalahan yang dialami 153 warga Bima yang tengah menjadi imbas konflik di Wamena Kabupaten Jayawijaya Papua.

H Fitrah Malik mengingatkan pemerintah daerah agar menggandeng tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam menciptakan suasana sejuk dan memastikan tidak ada benih-benih konflik horizontal yang dapat terjadi sebagai reaksi balasan kondisi di sana.

“Tidak bisa oleh pemerintah daerah saja menangani itu. Harus ada tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, seperti Ormas, baik NU, Muhammadiyah maupun MUI harus digandeng. Atau sebaliknya ada inisiatif dari para tokoh untuk duduk bersama pemerintah daerah,” ujar H Fitrah Malik ketika dihubungi melalui sambungan Ponsel, Jumat (27/9/2019) pagi.

Pendiri Ponpes Al Maliki Kabupaten Bima yang juga mantan qori nasional ini juga mengimbau masyarakat Bima agar tidak mudah terprovokasi dalam menyikapi isu-isu bekaitan di Papua.

Masyarakat Bima diharapkan tenang dan mendoakan warga asal Mbojo yang tengah berada di tengah konflik di Wamena Papua dalam kondisi aman. “Karena ini menyangkut masyarakat kita. Kami berharap pemerinta daerah harus menyikapinya secara serius,” katanya.

Menurut banyak warga Bima yang menetap dan bekerja di Papua seperti mantan guru Ponpes Al Maliki dan mantan pelajar di pondok tersebut. mulai dari yang menjadi pengajar, pengusaha maupun pekerja industri.

“Ada beberapa alumni Al Maliki di sana. Termasuk mantan guru kami di sana. Harapan kita agar pemerintah daerah menyikapi ini secara serius. Harus ada langkah secepatnya,” katanya. [US]