Pemkab Bima Gelar Rapat Evaluasi Capaian OPD, ini Poin-poin yang Dibahas

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Bima Gelar Rapat Evaluasi Capaian OPD, ini Poin-poin yang Dibahas

Selasa, 03 September 2019
Suasana Rapat Evaluasi Capaian OPD yang Digelar Pemkab Bima.


Bima, Berita11.com— Usai apel gabungan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menggelar rapat koordinasi terpadu. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Bima dan dihadiri oleh seluruh kepala OPD dan kapala bagian lingkup Sekretariat Daerah, Senin, (2/9/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Drs HM. Taufik Hak M.Si menjelaskan rapat koordinasi terpadu  merupakan agenda wajib yang dilaksanakan selesai apel gabungan setiap  awal bulan. Tujuannya, mengevaluasi capaian penyelenggaraan tugas dan pelaksanaan program pada masing–masing OPD serta setiap Bagian Setda Kabupaten Bima.

Dikatakannya, rapat koordinasi terpadu juga dihajatkan guna terus membina tatakelola program yang berbasis sinergi; harmoni dan kepaduan program sehingga muara dari semua program pada seluruh OPD bertemu pada satu titik yang sama yakni membawa dampak optimasi pelayanan dan  pemenuhan hajat hidup masyarakat.

“Selain itu, Rakor terpadu juga menjadi media untuk saling mentransformasi ilmu dan pengalaman sehingga antara satu dan lainnya dapat saling mengisi dan terbina kekompakkan,” ujarnya dikutip Kepala Sub Bagian Informasi dan Pemberitaan Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Bima, Zainuddin SS.

Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M Nor menyampaikan amanat agar seluruh OPD senantiasah untuk melaksanakan evaluasi agar dampak baik yang berkelanjutan dari kehadiran fasilitas dan realisasi program memberi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat.  

“Agar dapat terwujud jika seluruh aparatur menunjukkan jati diri yang memiliki kemapanan dalam arti luas; mulai dari kualitas profesionalitas, kesadaran moral untuk senantiasa bersikap jujur, penuh prestasi, berdedikasi dan loyal dalam tugas, bersikap dan berprilaku yang dapat diteladani, mendidik serta mengayomi masyarakat,” katanya.

Terkait hal tersebut, Wabup Dahlan juga berpesan agar aparatur kerja kompak dan fokus yang selama ini ditunjukkan ditingkatkan tanpa teralih, karena begitu kuatnya dinamika isu politik.

Rapat koordinasi terpadu dimulai pukul 9.30 Wita ditutup pada pukul 17.00 Wita. Dalam prosesnya diwarnai dengan penyampaian laporan capaian program, tantangan dan langkah–langkah taktis yang ditempuh guna mengakselerasi dan mengoptimalkan seluruh sektor sehingga capaian Kabupaten Bima sebagai daerah yang telah terentaskan dari ketertinggalan  dapat terus ditingkatkan.

Masing–masing kepala OPD dan kepala bagian mempresentasi capaian yang selanjutnya ditanggapi dan memperoleh masukkan. Secara garis besar,  rapat Koordinasi tersebut menghasilkan poin– poin krusial tentang inovasi, baik program maupun regulasi daerah, infrastruktur, potensi APBD serta langkah–langkah koordinasi lintas sektor, baik pada tingkat daerah, provinsi hingga ke pusat  yang dimuarakan pada pengelolaan APBD yang sanggup mereduksi angka kemiskinan dan pengangguran, meluaskan akses usaha dan peningkatan kesejahteraan serta pemantapan data–data pendukung yang akurat. [MR]