Pemkab Bima Usulkan Permohonan Bantuan 4.775 Lampu Jalan

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Bima Usulkan Permohonan Bantuan 4.775 Lampu Jalan

Selasa, 10 September 2019
Kepala Sub-Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kabupaten Bima Kasmir Menunjukkan Tumpukan Proposal Lampu Jalan yang Diajukan Pemkab Bima kepada Pemerintah Pusat. Foto US Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Meskipun memiliki realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak penerangan jalan (PPJ) tahun lalu Rp8,3 miliar dan potensi realiasi tahun 2019 hingga Rp9 miliar, tampaknya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima masih bergantung dengan bantuan pemerintah pusat. Belum lama ini, Pemkab Bima mengusulkan permohonan bantuan 4.775 lampu jalan kepada pemerintah pusat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sub-Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bima Kasmir belum lama ini. Bantuan yang diusulkan merupakan proposal yang diperuntukan untuk daerah konflik. 

“Kita usulkan untuk setiap desa di Kabupaten Bima 25 lampu jalan sehingga totalnya ada ribuan,” ujarnya di Setda Kabupaten Bima belum lama ini.


Diungkapkannya, Pemkab Bima telah menyampaikan proposal kepada pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM. Akan tetapi Pemkab belum mengetahui apakah usulan itu disetujui atau tidak.

Meskipun tahun 2019 Pemkab Bima tidak mengalokasikan anggaran untuk pengadaan lampu jalan yang berasal dari hasil realisasi pajak lampu jalan yang dipotong dari setiap pembayaran listrik pelanggan PLN di Kabupaten Bima yang mencapai 90.000 lebih, namun Pemkab Bima mengalokasikan untuk pemeliharaan Rp100 juta lebih.

“Tahun 2018 lalu kita aloksikan Rp2 miliar untuk lampu jalan kembar, jalan baru di Panda. Kalau tahun ini memang kita tidak alokasikan. Tapi kita punya usulan kepada pemerintah pusat,” katanya.

Menurutnya, jika pemerintah pusat merestui usulan permohonan bantuan itu, maka seluruh desa di Kabupaten Bima akan terang dengan lampu jalan. [US]