Polres Bima “Incar” Petani yang Garap Hutan Tutupan, Empat Gubuk Dibakar Tim Gabungan

Iklan Semua Halaman

.

Polres Bima “Incar” Petani yang Garap Hutan Tutupan, Empat Gubuk Dibakar Tim Gabungan

Sabtu, 14 September 2019
Tim Gabungan Membakar Sejumlah Gubuk yang Dibangun Petani di atas Hutan Tutupan.


Bima, Berita11.com— Menjelang musim tanam yang diperkirakan akhir tahun, kegiatan msyarakat menggarap lahan tegalan semakin meningkat. Lokasi yang digarap tidak hanya kawasan yang diizinkan, melainkan termasuk kawasan hutan tutupan. Tim Terpadu membakar empat gubuk yang dibangun petani di hutan tutupan di So Lano Watasan Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, Sabtu (14/9/2019) pagi.

Kapolres Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo, S.I.K melalui Kasubag Humas Polres Bima, IPTU Hanafi menjelaskan, tim gabungan di antaranya terdiri dari aparat kepolisian, TNI, Sat Pol PP, DLH dan KPHL sengaja melaksanakan operasi terpadu menangani kerusakan hutan dan lahan.

“Tim menuju lokasi So Lamo yang mana lokasi tersebut masyarakat  telah membuka lahan baru dengan membabat hutan untuk persiapan menanam jagung dan setibanya di lokasi tim tidak menemukan masyarakat yang berada pada lokasi lahan tersebut,” ujar Hanafi.

Pada kegiatan tersebut, tim menemukan empat gubuk yang dibangun petani di atas hutan tutupan dan sebagai bentuk pencegahan, tim membakar seluruh gubuk tersebut.

“Untuk mengetahui pelaku pembabatan hutan tutupan tersebut, maka tim akan melakukan penyelidikan mengarah kepada pemilik gubuk yang dibakar tersebut,” jelas Hanafi.


Operasi terpadu dipimpin Kasat Reskrim Polres IPTU Hendry Christianto  S.Sos  selaku Komandan Satuan Tugas Penegakan Hukum (Kasatgas Gakkum). Kegiatan berlangsung hingga pukul 13.15 Wita.  

Selain  Kasatgas, kegiatan tersebut juga diikuti Kabid Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bima Zainal ST MT, delapan personel KPH,  empat anggota Satuan Reskrim dan dua anggota Patmor Sataun Sabhara Polres Bima, tiga personil Polsek Madapangga, tiga anggota Satuan Pol PP Kabupaten Bima dan dua pegawai DLH Kabupaten Bima. [MR]