TNI, Polri dan Pegawai TNT Gelar Apel Persiapan Pemadaman Karhutla di Pekat

Iklan Semua Halaman

.

TNI, Polri dan Pegawai TNT Gelar Apel Persiapan Pemadaman Karhutla di Pekat

Rabu, 25 September 2019
Kapolres Dompu AKBP Erwin Suwondo, S.Ik,M.Ik saat pimpin apel persiapan penanggulangan pemadaman Karhutla di halaman kantor TNT wilayah Doroncanga dan Desa Soritatanga. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Tim gabungan dari TNI/Polri dan sejumlah pegawai Taman Nasional Tambora (TNT) menggelar apel persiapan penanggulangan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khusus di wilayah Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu NTB.

Apel berlangsung di halaman Kantor Balai TNT wilayah Doroncanga dan Desa Soritatanga yang dipimpin Kepala Kepolisian (Kapolres) Dompu AKBP Erwin Suwondo, S.Ik,M.Ik, Selasa (24/9/2019) pagi.

Hadir pada kesempatan ini Kabag Ops AKP Sari Mukmin, SH, Satu regu anggota Dalmas yang dipimpin Kasat Samapta IPTU Komang Astrawan, Satu regu anggota Mapolsek Pekat dipimpin Kapolsek IPDA Abdul Malik, SH, Satu regu anggota Koramil Pekat dipimpin Danramil Kapten Kav. M. Kasim.

Kemudian jajaran Camat Pekat dipimpin Gunawan, SE, Kepala seksi pengelolaan TNT wilayah 2 Pekat dan Kempo yakni Wihandono Eksi Sutopo, S.Hut,MEC.Dev, Satu regu anggota Pegawai Balai TNT dan mitra Polhut dan 3 orang perwakilan dari Humas PT. SMS.
 
Kapolres Dompu dalam amanatnya menyampaikan ucapan terimakasih terhadap seluruh anggota yang telah melaksanakan serta mengikuti apel gabungan pada pagi menjelang siang itu. Dan sesuai petunjuk satelit, terdapat tiga titik api yang terbakar di wilayah Kecamatan Pekat.
 
“Kita akan mendatangi lokasi tersebut kemudian kita lakukan upaya pemadaman kemudian kita pelajari apa penyebab dari kebakaran tersebut,” imbuhnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya Erwin berharap, dalam setiap menjalankan tugas diminta untuk dapat diridhoi oleh Allah SWT sehingga setiap tugas yang dijalankan dapat bernilai ibadah dan selalu junjung tinggi kekompakan agar mencapai kesuksesan.

“Saya mengharapkan kita melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab dan tetap menjaga kekompakan keamanan dan keselamatan diri semoga apa yang kita laksanakan bernilai ibadah karena ini bagian dari tugas kita untuk menjaga lingkungan,” harapnya.

Usai melaksanakan apel, sekira pukul
10.20 Wita Seluruh anggota mendatangi lokasi Taman Nasional bagian atas pintu ternak empat PT. SMS bagian Doroncangan dengan menggunakan Randis Polres Dompu, Randis Balai Taman Nasional dan akhirnya menemukan lokasi titik api yang masih menyala tepatnya di zona pemanfaatan Taman Nasional dengan luas sekitar 4 Heaktar.

Seluruh anggota tim melakukan upaya pemadaman dipimpin langsung Erwin Suwondo bersama unsyur Muspika Kecamatan Pekat dan petugas TNT sehingga api berhasil dipadamkan sekira pukul 12.50 Wita. Selanjutnya dilakukan pemadaman bara api yang menyala di sisa potongan kayu untuk mengantisipasi merambat ke daun-daun kering.

Adapun upaya pemadaman kebakaran dilakukan dengan cara menyemprotkan air dengan menggunakan mesin pompa air dari mobil tangki milik Mapolres Dompu dan mobil tangki Balai TNT sebanyak masing-masing 2 tangki. [RIS]