Desak Pengembalian Dana BUMDES Rp37 Juta, Pemuda Tumpu Gelar Aksi -->

Iklan Semua Halaman

.

Desak Pengembalian Dana BUMDES Rp37 Juta, Pemuda Tumpu Gelar Aksi

Tuesday, October 15, 2019
Aksi Massa di Depan Kantor Desa Tumpu Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.


Bima, Berita11.com— Puluhan pemuda Desa Tumpu Kecamatan Bolo Kabupaten Bima menggelar aksi di depan kantor desa setempat, Selasa (15/10/2019). Massa mendesak pengembalian sisa dana BUMDES Rp37 juta.

Selain itu, massa yang dikoordinir oleh Dedi Darmawansyah juga mendesak transparansi pengelolaan dana BUMDES Rp50 juta.

“Kami minta agar sisa anggaran BUMDES Rp37 juta dikembalikan, sesuai hasil musyawarah 25 September 2019,” teriak Korlap.

Dalam aksinya massa juga mendesak Pemerintah Desa Tumpu menghadirkan seluruh 
pengurus BUMDES setempat. Karena keberadaan lembaga usaha desa tersebut, tidak mengelola program dan anggaran sesuai peruntukan.

Dalam aksinya massa membakar ban bekas dan memblokade jalan raya. Aksi massa sempat dihalau aparat kepolisian. Akan tetapi sekira pukul 09.40 Wita, massa kembali memblokade jalan karena seluruh pengurus BUMDES setempat belum hadir.

Tak lama kemudian, massa beraudiensi dengan pengurus BUMDES Tumpu yang difasilitasi oleh penjabat Kades setempat, Drs Abas.

Direksi BUMDES Tumpu, Arigin Yasin menyampaikan, terkait permintaan masyarakat untuk mengembalikan sisa anggaran BUMDES Rp37 juta,  pihaknya sudah berupaya menagih ke masyarakat. Akan tetapi terkumpul baru sebesar Rp14.340.000.

Pada pukul 12.00 Wita, pemerintah desa, pengurus BUMDES dan massa  menunggu hasil audit dari Inspektorat. Satu jam kemudian, massa membubarkan diri. [R]