Dugaan Pengalihan Anggaran Buku, HI Bakal Panggil Kepala SDN 1 Pajo, KCD dan Maneger Bos -->

Iklan Semua Halaman

.

Dugaan Pengalihan Anggaran Buku, HI Bakal Panggil Kepala SDN 1 Pajo, KCD dan Maneger Bos

Wednesday, October 16, 2019
Kadis Dikpora Kabupaten Dompu H. Ichtiar, SH. Dok. Poris

Dompu, Berita11.com - Terkait dugaan pengalihan sebagian anggaran dana BOS diduga dilakukan Kepala SDN 1 Pajo Sitti Rahma, S.Pd untuk keperluan lain senilai Rp10 juta yang seharusnya untuk pengadaan buku sebesar Rp30 juta, sebagai mana yang dilansir Berita11.com beberapa hari lalu menyita perhatian sejumlah kalangan salah satunya warganet.

Menyikapi perihal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadis Dikpora) Kabupaten Dompu, H. Ichtiar, SH atau biasa disapa HI bakal memanggil Kepala SDN 1 Pajo Sitti Rahma.

Tak hanya Kepala SDN 1 Pajo, Kepala Cabang Dinas (KCD) atau Kepala Unit Pelayanan Dinas (UPTD) Dikpora Kecamatan Pojo Ismail, S.Sos beserta Maneger BOS dalam waktu bersamaan juga bakal dipanggil untuk dilakukan pemeriksaan.

"Saya sudah baca beritanya kemarin, saya akan panggil mereka, Kepala Sekolah KCD dan maneger BOS," ujar HI di ruang kerjanya saat dikonfirmasi, Rabu (16/10/2019) siang.

Pria yang bakal merebut EA 1 ini menegaskan, pos untuk pengadaan buku melalui dana Bantuan Operasional Sekolah itu wajib untuk dibayarkan dan tidak ada alasan untuk dialihkan apalagi untuk kepentingan lain.

"Intinya panggil dulu, jadi, Kepala Sekolah harus tanggung jawab kembalikan uang, sudah jelas Dana BOS 5 persen itu untuk pembelian buku, dan mereka harus dan wajib beli buku," tegas pria yang penuh denagn humoria ini.

Pria yang menajabat sebagai Kadis Dikpora sejak tahun 2012 silam hingga saat ini tentu sudah di luar kepala dia tentang punggunaan dana BOS sebagaimana arah petunjuk juklak dan juknisnya. Apalagi masalah pemotonggan, hal itu tidak diperbolehkan bagi pihak sekolah.

HI isyaratkan, apabila Kepala SDN 1 Pajo tidak mengembalikan uang yang diduga dialihkan tersebut, HI kembali menegaskan, pihaknya bakal mencopot jabatan Sitti Rahma sebagai Kepala SDN 1 Pajo karena dikhawatirkan akan diikuti oleh sekolah-sekolah lain.

"Kalau saya sih, hanya suruh beli lagi aja bukunya, tapi kalau tidak itu bahaya, saya copot dia, jadi tidak boleh pembiaraan karena ini membahayakan yang lain, jangan sampai yang lain ikut semua seperti ini," tegas HI sembari mengakhiri keterangannya. [RIS]