Hindari Konflik dalam Pilkades Serentak, Kapolsek Pekat Perketat Keamanan

Iklan Semua Halaman

.

Hindari Konflik dalam Pilkades Serentak, Kapolsek Pekat Perketat Keamanan

Jumat, 11 Oktober 2019
Saat kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama dan deklarasi damai sejumlah Cakades di aula Camat pekat, Kamis (10/10/2019) pagi. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Kapolsek Pekat Polres Dompu IPDA Abdul Malik, SH bakal perketat tingkat keamanan selama proses pelaksanaan hingga pasca Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak khususnya di wilayah yang dia pimpin.

Hal itu juga telah diperkuat dengan penandatanganan kesepakatan bersama sebanyak sembilan poin perjanjian yang dilakukan sejumlah Calon Kepala Desa (Cakades) di aula kantor Camat Pekat pada Kamis (10/10/2019) pagi kemarin.

Kapolsek Abdul Malik mengatakan, tujuan utama hal itu dilakukan demi menghindari konflik yang terjadi baik dari massa pendukung Cakades maupun hal-hal yang melanggar hukum.

Menurut pria yang memiliki jiwa sosial yang tinggi ini, Pemilihan legislatif dan Pemilihan Presiden lebih rawan dari pada Pilkades. Sebab, para kandidat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Saya menegaskan bahwa kami tidak main-main, kami akan melakukan tindakan tegas apabila ditemukan hal-hal yang melanggar hukum," tegas Abdul Malik.

Pria pemilik akun facebook Abduk Malik ini menggambarkan apa yang sudah terjadi di dua kecamatan saat Pilkades serentak tahun lalu yang berakhir dengan kericuhan. Hal itu lah yang ia tidak inginkan, apalagi wilayah yang ia pimpin adalah kecamata yang terbanyak desa yang ikut melakukan pemilihan serentak.

"Pada pemilihan Kades sebelumnya di Kilo dan Pajo tahun lalu berakhir dengan keributan dan diwarnai dengan pembakaran Kantor Desa. Untuk itu, kita jangan sampai terjadi seperti itu, karena yang rugi adalah kita sendiri," tegasnya. [RIS]