Mantapkan Pelaksanaan Triathlon dan Duathlon, Kodim 1608/Bima Gelar Rapat Persiapan

Iklan Semua Halaman

.

Mantapkan Pelaksanaan Triathlon dan Duathlon, Kodim 1608/Bima Gelar Rapat Persiapan

Jumat, 11 Oktober 2019
Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra Mengecek Kesiapan Lokasi Triathlon dan Duathlon Tahun 2019 dalam Rangka HUT ke-74 TNI, Jumat (11/10/2019). Foto MR/Berita11.com.


Kota Bima, Berita11.com— Pelaksanaan triathlon dan duathlon tinggal menghitung jam. Jika tak ada aral melintang, event tersebut akan dilaksanakan pada Minggu, 13 Oktober 2019 di Pantai Lawata Kota Bima. Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan kegiatan tersebut, Kodim 1608/ Bima melaksanakan rapat persiapan di Aula Makodim 1608/ Bima, Jumat (11/10/2019).

Ketua panitia, Mayor Inf Syaharuddin dalam rapat menyampaikan, perlu adanya kekompakan tim dan panitia untuk memastikan event terlaksana sebagaimana yang diharapkan. Untuk itu, pihaknya mengecek satu per satu kesiapan.

“Untuk para atlit dipersilakan untuk melakukan peninjauan lokasi, untuk besok pagi akan dilakukan gladi. Diharapkan hadir semua dan dilanjutkan kegiatan techical meeting,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut, panitia dari Kodim 1608/Bima menanyakan kesiapan masing-masing pihak pendukung acara, berkaitan  sarana dan prasarana, jalur pengamanan, dukungan komunikasi, konsumsi dan teknis pendukung kegiatan triatlon dan duatlon.

“Setelah hasil mengesankan semua kesiapan telah terpenuhi, besok kita mencoba peralatan yang ada, dari mulai rute dan lain-lain,” kata Mayor Inf. Syaharuddin.

Sementara itu, Dandim 1608 Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra saat meninjau lokasi event menyebutkan, triathlon, duathlon dan pacuan kuda merupakan event yang diselenggarakan hasil kerja sama pihaknya dengan Pemeritah Kota Bima. 

Kegiatan meliputi dua kategori tingkatan mata lomba yaitu untuk triathlon tingkat nasional renang 750 m, bersepeda 20 km, lari 5 km, sedangkan duathlon untuk tingkat lokal meliputi lari 5 km, bersepeda 20 km, dan lari 3 Km.

Dikatakannya, jumlah keseluruhan peserta 86 orang yang terbagi 46 pendaftar triathlon 46 orang dan 38 pendaftar duatlon. Kegiatan tersebut akan diikuti atlet putri dari Kota Mataram, Qoriah Julil.


Adapun untuk lomba pacuan kuda, tercatat sudah 725 ekor kuda yang didaftarkan mengikuti event tersebut, sedangkan yang akan mengikuti pawai kuda 137 ekor. “Sudah selesai hari ini untuk pengukuran, kemungkinan kita lanjutkan sampai malam atau besok pagi sehingga selesai semua. Syukur alhamdulillah dengan jumlah yang besar itu, mungkin ini baru pertama kali buat event-event pacuan kuda di Bima. Artinya, partisipasinya di atas dari sebelumnya,” kata Dandim.

Dikatakannya, rapat pada Jumat, 11 Oktober 2019 merupakan persiapan terakhir oleh panitia, yang selanjutnya dilanjutkan festival rimpu pada Sabtu, 11 Oktober 2019 dan pengenalan rute renang, bersepeda lari ynag dilanjutkan technical meeting bagi peserta triathlon dan duathlon.

Dandim berharap, masyarakat bisa menikmati gelaran event creator maupun pacuan kuda tahun ini, sehingga HUT ke-74 TNI yang digelar di Kota bisa dirasakan bersama.  

“Dari kalangan triathlon sendiri mereka menyampaikan bahwa sebenarnya potensi di Bima ini cukup bagus untuk dikembangkan bisa menjadi event yang berkelanjutan. Jadi, sayang kalau potensi besar itu enggak kita kembangkan. Mudah-mudahan tahun ini 86 peserta, tahun depan bisa lebih berkembang lagi lebih dari ini,” harapnya.

Kegiatan rapat persiapan diikuti Satlantas dan Sabhara Polres Bima Kota, Dishub, Satpol PP, Dinas Pariwisata, Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Bagian Umum Setda Kota bima, Pos SAR Bima, Pos TNI AL, Subdenpom,KSOP, BPBD, Pasi, KONI,juri , ISSI, Dikes, ORARI, Danramil Rasanae, Bolo dan Woha. [MR]