Program KOTAKU Garap RATU RAGA MANTIKA, ini Harapan Wali Kota Bima

Iklan Semua Halaman

.

Program KOTAKU Garap RATU RAGA MANTIKA, ini Harapan Wali Kota Bima

Rabu, 09 Oktober 2019
Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE. Foto Ist.



Kota Bima, Berita11.com— Wali Kota Bima, H Muhammd Lutfi SE seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkaitan penanganan kawasan agar selalu bersinergi dan berkolaborasi sehingga penanganan kawasan lebih terarah, tepat sasaran.

Hal tersebut disampaikannya, saat membuka resmi lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tingkat Kota Bima yang diselenggarakan oleh Tim Korkot 3 Kota Bima bekerja sama dengan Pokja PKP Kota Bima di Aula Tambora Homestay Penaraga Kota Bima, Senin (07/10/2019) lalu.

Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi berharap seluruh OPD terkait selalu bersinergi dan berkolaborasi. “Pemerintah utamanya stake holder terkait dimohon dukungannya agar program KOTAKU dapat terealisasikan sesuai dengan perencanaannya,” harap Wali Kota Bima.

Dijelaskannya, program KOTAKU saat ini tengah menangani wilayah Rabadompu Barat, Rabangodu Utara, Rontu dan Penaraga yang disingkat RATU RAGA MANTIKA. 

Adapun yang menjadi tema kawasan tersebut, MANTIKA yang berarti Mandiri, Aman, Tertib, Indah, Kreatif dan Agamis. Program KOTAKU rencananya akan menghadirkan jalan inspeksi, barugak hingga jogging track yang dapat dimanfaatkan bagi pengembangan ekonomi masyarakat. Misalnya di Penaraga dengan kuliner khasnya hingga Rabadompu Barat dengan tenunnya.

KOTAKU merupakan program yang dilaksanakan secara nasional dan menjadi platform atau basis penanganan kumuh yang mengintegrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan, termasuk dari pemerintah pusat, kabupaten dan kota, pihak donor, swasta, masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya.

Ketua panitia kegiatan, Nanang Kurniawan melalui laporan pelaksanaan kegiatan menjelaskan, lokakarya diikuti oleh sekitar 40 peserta yang berasal dari dinas dan instansi terkait, dewan, camat, lurah, BKM lokasi BPM 2019, swasta, perguruan tinggi, LSM, pegiat pembangunan serta media massa.

Adapun narasumber kegiatan tersebut Satker PIP Kota Bima, Kepala Bappeda Kota Bima dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bima.

Turut hadir dalam Lokakarya tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima Ir. Hj Rini Indriati, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Bima, para pejabat Pemerintah Kota Bima dari berbagai tingkatan, camat serta lurah. [RD]