Pulangkan Warganya dari Papua, Sekum HMI STIE Bima Apresiasi Pemkab

Iklan Semua Halaman

.

Pulangkan Warganya dari Papua, Sekum HMI STIE Bima Apresiasi Pemkab

Jumat, 04 Oktober 2019
Sekum HMI Komisariat STIE Bima Aburijal. Foto. MD
Bima, Berita11.com - Sekretaris Umum (Sekum) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, Aburijal mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dengan memulangkan sejumlah warga Bima yang menetap di Papua menjadi korban kerusuhan Wamena beberapa waktu lalu.

"Kita apresiasi langkah Pemkab Bima ini. Memang sudah seharusnya demikian," kata Aburijal Jum'at (04/10/2019).

Aburijal menilai langkah cepat Pemda Bima tersebut sebagai antisipasi agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, menyusul kerusuhan yang terjadi di Wamena Papua dikhawatirkan akan terus berlanjut.

Meski demikian Ia berharap, setibanya warga Bima di kampung halaman nanti, tetap diperhatikan juga oleh Pemda Bima. Termasuk melakukan trauma healing sebagai upaya pemulihan trauma khususnya kepada anak-anak.

"Ini penting dilakukan. Memastikan kondisi mereka pulih secara psikologis," katanya.

Seperti diketahui sebanyak 77 orang warga Bima terdampak korban kerusahan Wamena Papua direncanakan akan dipulangkan pada Minggu (06/10/2019) dan Senin (07/10/2019) pekan ini.

Kepulangan 77 warga tersebut berkat kepedulian dan pembiayaan atas inisiatif Bupati,  Wabup Bima, para pengusaha dan berbagai pihak. Bahkan Kabid BJS Dinsos Kabupaten Bima Rizal Mukhlis, SE akan mengkoordinir langsng pemulangan.

“77 warga itu akan dipulangkan Minggu dan Senin pekan ini,” kata Rizal

Menurut Rizal yang diutus dan ditunjuk sebagai Koordinator pemulangan warga Bima di Papua ini  mengaku, sebanyak 47 orang akan dipulangkan minggu 6 Oktober. Kemudian menyusul Senin 7 Oktober sebanyak 30 orang.

“Kita juga telah mengirim langsung kode boking tiket pesawat kepada warga yang akan dipulangkan ini,” katanya.

Sementara Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Bima tetap mendo’akan agar proses pemulangan tersebut tidak terkendala apapun.

“Saya sampaikan ucapan selamat kembali ke tanah leluhur Dana Mbojo tercinta,” ujarnya. (MD)