Soal Cakades, Hermanton Tegaskan Patuhi Aturan Sesuai Kesepakatan Besrsama

Iklan Semua Halaman

.

Soal Cakades, Hermanton Tegaskan Patuhi Aturan Sesuai Kesepakatan Besrsama

Minggu, 06 Oktober 2019
Ketua panitia Pilkades Desa Woro. Hermanton M. Amin, S.Pd.SD. foto ist

Bima, Berita11.com - Panitia penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Woro Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima mengatakan, akan bersikap tegas mengambil langkah dan tindakan terhadap para Calon Kepala Desa (Cakades) yang dianggap melanggar aturan sesuai hasil kesepakatan bersama beberapa waktu lalu.

Hal itu dilakukan demi menjaga dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika muncul persoalan di tengah-tengah masyarakat selama proses pencalonan hingga Pemilihan Kades mendatang.

"Kami selaku Panitia, jika melihat atau menemukan hal-hal yang di luar dari pada aturan atau prosedur yang ada seperti pemasangan atribut dan tanda gambar para calon itu sendiri, kami akan bertindak," tegas Ketua Panitia Hermanton M. Amin, S.Pd.SD via pesan WhatsApp, Sabtu (5/10/2019) sore.

Ia menjelaskan, terkait hal demikian pihak panitia telah menyampaikan surat kepada para calon dengan perihal : Pemberitahuan/Teguran yang ditembuskan kepada Camat Madapangga, Polsek Madapangga, Koramil 02/Bolo, dan Ketua BPD Woro.

"Kita sudah sampaikan surat itu sore tadi, yang nantinya kita akan melakukan rapat koordinasi bersama unsur terkait. Baik Camat melalui Kasi Trantib, Polsek Madapangga, Koramil 02/Bolo, maupun BPD," terangnya.

Menurut peria yang dikenal sebagai sosok yang tegas dan amanah dalam setiap tugas yang diembannya ini, terkait surat yang ditujukan pada para calon dimaksud yakni sehubungan dengan adanya rencana kegiatan untuk melakukan penertiban atribut para calon. Itu semua demi mentaati dan mematuhi ketentuan sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tapi kita akan identifikasi lebih dulu, semua atribut para calonpun jika ada yang dianggap melanggar, maka kita akan melakukan penertiban," ia kembali menegaskan.

Lewat kesempatan ini, ia juga menghimbau, terkhusus untuk para calon agar dapat mentaati dan mematuhi segala ketentuan yang ada. Baik perda, perbub, tata tertib, dan peraturan bersama panitia dengan sejumlah para calon.

"Itu semua demi menghindari tindakan atau perbuatan yang dianggap inkostitusional dalam tahapan Pilkades," imbuhnya.

Bilamana, lanjut dia, para calon yang merasa bahwa atribut yang digunakan di luar ketentuan tersebut, diharapkan para calon agar dapat melakukan identifikasi hingga penurunan kembali sebelum dilakukan penertiban oleh Panitia.

" Kita dari Panitia bersama BPD tetap pada komitmen untuk mewujudkan Pilkades yang aman, sejuk, damai dan demokratis. Terwujudnya Pilkades yang aman, sejuk, damai, dan demokratis diharapkan kepada semua elemen untuk sama-sama menjaga hal yang dapat memicu terjadinya gesekan satu sama lainnya," harapnya.

Tak hanya para Cakades, ia menambahkan, khusus rekan-rekan anggota panitia agar dapat menjaga netralitas dalam menjalankan tugas yang begitu berat dan penuh tanggung jawab. Sebab, terwujudnya Pilkades yang berintegritas dan bermartabat tidak hanya pada para calon dan elemen masyarakat, namun juga sikap terbuka, transparan, profesionalisme dan akuntabilitas Panitia yang paling utama.

"Semasih memiliki jabatan sebagai Panitia melekat dalam diri masing-masing, hendaklah jangan mendekati para calon dan dikecualikan ada hal-hal yang berkaitan dengan tugas sebagai Panitia," tegas Hermanto.

"Apabila rekan-rekan anggota Panitia diketahui mendukung dan lebih lagi berpihak pada para calon, seyogyanya mengundurkan diri hari ini juga. Bahkan saya akan meminta rekomendasi pemecatan dari BPD sebagai lembaga yang diatur oleh undang-undang," sambung dia dengan tegas. [RIS]