Tiga Pejabat Struktural Pemkab Bima Dilantik, yang ini Paling Banjir Ucapan Selamat

Iklan Semua Halaman

.

Tiga Pejabat Struktural Pemkab Bima Dilantik, yang ini Paling Banjir Ucapan Selamat

Kamis, 03 Oktober 2019
Suasana Pelantikan Pejabat Struktural Lingkup Kabupaten Bima oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE, Rabu (2/10/2019). 


Bima, Berita11.com— Tiga pejabat struktural lingkup Pemerintah Kabupaten Bima setingkat eselon II dilantik Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE menduduki jabatan sebagai kepala dinas dan badan. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Bima, Rabu (2/10/2019).  

Kasubag Informasi dan Pemberitaan Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Kabupaten Bima, Zainuddin S.S menjelaskan, pengambilan sumpah jabatan berdasarkan lampiran keputusan Bupati Bima Nomor: 821.2/789/07.2/2019 tanggal 2 Oktober 2019 tentang pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian dalam dan dari jabatan struktural lingkup pemerintah Kabupaten Bima.

Pejabat yang dilantik yaitu: Fahrurahman, SE, M.Si jabatan lama sekretaris pada Inspektorat Kabupaten Bima, jabatan baru Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Kabupaten Bima, Taufik, ST, MT jabatan lama Sekretaris pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan jabatan baru Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bima, serta Aries Munandar, ST, MT jabatan lama Kepala Bidang Transmigrasi pada Disnakertrans Kabupaten Bima, jabatan baru Kepala BPBD Kabupaten Bima.

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE mengatakan bahwa mutasi dan rolling merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi pemerintahan karena merupakan tuntutan organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

“Semoga pelantikan ini dapat lebih memberikan motivasi kepada saudara untuk senantiasa berkiprah dan mengabdikan diri selaku ASN, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawab saudara sebagai seorang pejabat,” pesan Bupati Bima.

Diharapkannya, para pejabat yang dilantik menyukuri atas jabatan yang diberikan. Selian itu, diharapkan dapat dijaga dan diimbangi dengan kejujuran, keikhlasan, serta prestasi dalam bekerja. 

“Untuk itu, dibutuhkan suatu keseriusan, tanggung jawab moral, dan komitmen bersama, serta bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Bima,” katanya mengingatkan.

Diingatkannya, bagi pejabat eselon 2 dan yang menjadi pucuk pimpinan satuan kerja, harus mampu mengarahkan seluruh jajaran staf untuk melaksanakan program kerja.

“Saya juga ingatkan para pejabat eselon 2, harus mampu membaca visi yang dikedepankan oleh pimpinan dan sekaligus harus memiliki kecakapan untuk merealisasikannya. Karena itu dalam banyak hal, para pejabat eselon 2 ini tetap dituntut untuk menguasai hal-hal yang bersifat teknis,” kata bupati.

Bupati Bima juga menyampaikan empat poin untuk pejabat yang dilantik yaitu, segera beradaptasi terhadap tugas pokok dan fungsi jabatan masing-masing, serta membangun koordinasi, komunikasi dan kerja sama efektif secara berjenjang, baik dengan pimpinan ataupun dengan atasan. 

Kedua, perlu disadari bahwa tugas pelayanan bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi kebutuhan dan kepentingan masyarakat semakin meningkat dan beragam. Oleh karena itu, pejabat yang dilantik diharapkan segera memelajari dan memahami Tupoksi serta lingkungan kerja masing-masing secara cepat dan akurat, sehingga proses adaptasi pegawai berjalan secara cepat pula.

“Juga tingkatkan motivasi dan semangat kerja, sehingga tugas-tugas yang telah dipercayakan dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Bupati Bima.

Poin ketiga yang menjadi catatan bupati, mengingatkan kepada pejabat yang baru dilantik untuk selalu mengayomi dan melindungi jabatan di bawahnya. Terutama memberikan arahan, sehingga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Jabatan yang diemban bukanlah hak, tetapi kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan dan merupakan sebuah amanah yang harus dipertanggung jawabkan baik di dunia dan akhirat.

Poin keempat, pejabat yang dilantik diharapkan ciptakanlah suasana kerja yang kondusif dan memupuk kerja sama yang baik di antara pimpinan.

“Selaku pimpinan daerah saya berharap, kepada saudara-saudara dan segenap aparatur pemerintah agar dapat meneguhkan niat dan tekad untuk menjadi teladan, baik dalam menjalankan tugas, maupun sebagai anggota masyarakat,” tandas bupati.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Bima, Taufik ST MT.

Pada bagian lain, sejak informasi pelantikan sejumlah pejabat tersebut menyebar, Taufik, ST, MT yang sebelumnya menjabat Sekretaris dan pelaksana tugas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan kemudian dilantik sebagai Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bima adalah pejabat yang paling banjir pujian dan ucapan selamat dari warga net.

Tercatat ada puluhan orang yang menyampaikan ucapan selamat untuk pejabat tersebut melalui dinding sosial media facebook dan whatsApp. Mulai dari kalangan aktifis, staf birokrasi, kalangan media, kontraktor dan sejumlah elemen lain. Publik merespon positif pelantikan pejabat tersebut. [MR]