Alat Kelengkapan DPRD Dompu sudah Dibentuk, Ini Susunannya

Iklan Semua Halaman

.

Alat Kelengkapan DPRD Dompu sudah Dibentuk, Ini Susunannya

Kamis, 07 November 2019
Ketua DPRD Kabupaten Dompu Andi Bachtiar, A.Mp.Par. Foto ist

Dompu, Berita11.Com - Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Andi Bachtiar, A. Md. Par mengatakan, Alat Kelengkapan DPRD (AKD) Kabupaten Dompu telah dibentuk. Hal itu dilakukan pada Rapat Paripurna yang berlangsung pada Selasa (5/11/2019) beberapa hari lalu.

“Alhamdulillah berkat komunikasi lintas fraksi yang baik akhirnya berhasil menyepakati penetapan AKD,” ungkap Andi.

Politisi Nasdem 2 periode ini menyebutkan, selain Badan Anggaran (Banggar), semua AKD lain berupa Komisi-Komisi, Badan Kehormatan (BK), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda), dan Badan Musyawarah (Bamus) telah ditetapkan.

Dikatakannya, Komisi I diketuai Ir. Muttakun (Nasdem), Wakil Ketua Sirajuddin, S. Sos (Demokrat), dan Sekretaris Lambi Mapasese Debakti, SH (Gerindra).

Komisi II Ketua Mohamad Subahan, SE (PPP), Wakil Ketua Abdul Fakah (Golkar), dan Sekretaris Suharlin, ST (PAN/Fraksi Annur Perjuangan Berkarya).

Ketua Komisi III Ismul Rahmadin, S. Pd.I (Demokrat), Wakil Ketua Rahmat Syafiuddin, SH (PKB), dan Sekretaris Nadirah, SE, Akt (PBB/Fraksi Bulan Bintang Sejahtera).

Badan Kehormatan (BK) diketuai oleh Muhammad Ikhsan, S. Sos (Nasdem), Wakil Ketua Kurniawan Ahmadi (Hanura/Fraksi Annur Perjuangan Berkarya), dan anggota Dina Imayanti (PKB).

Badan Legislasi (Baleg) atau Badan Pembentukan Perda, Ketua Syarifudin, S. T.P (Gerindra), Wakil Ketua Muhammad Rasyid Ridha (Berkarya/Fraksi Annur Perjuangan Berkarya). 

Adapun Badan Musyawarah (Bamus) adalah dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Dompu sebagai jabatan ex officio sedangkan anggotanya perwakilan dari fraksi-fraksi.

Mengenai Banggar, Andi mengemukakan dalam tata tertib (tatib) penetapan AKD disebutkan jumlah anggota Banggar sebanyak-banyaknya separuh dari jumlah anggota DPRD. Mengingat jumlah anggota DPRD Kabupaten Dompu sebanyak 30 orang berarti separuh dari jumlah tersebut adalah 15 orang. 

Di sisi lain,  8 Fraksi di DPRD Kabupaten Dompu (6 fraksi utuh dan 2 fraksi gabungan) menghendaki ada perwakilan 2 orang di masing-masing fraksi.

“Dari 8 fraksi itu kami coba mengalokasikan 2 orang anggota sehingga menjadi 16 orang. Terbenturnya di sini menurut tatibnya maksimal separuh dari jumlah anggota DPRD berarti 15 orang.

"Kami tidak melihat ada celah hukum yang memperbolehkan 15 itu menjadi 16," paparnya. 

Andi menerangkan sebagai solusinya untuk sementara waktu khusus Banggar masih dipending dulu atau belum dilakukan penetapan. Dengan pertimbangan agar tidak salah dalam pengambilan keputusan karena mengacu pada tatib yang bersifat mutatis mutandis yang tidak lagi bisa diubah.

"Karena menurut tatib tersebut menyebutkan jumlah anggota Banggar maksimal separuh dari anggota DPRD, maka kami menterjemahkannya 15 orang bukan 50 %+1," jelasnya.

Terkait dengan itu, salah seorang anggota DPRD bersama Bagian Hukum Sekretariat DPRD Dompu akan melakukan konsultasi terkait hal itu di tingkat provinsi.

"Untuk Banggar insya'allah minggu depan setelah hasil konsultasi itu dibuatkan telaahan," tuturnya.

Sedangkan Susunan dan Komposisi Fraksi telah ditetapkan sejak tanggal 4 Oktober 2019 lalu. 

"Karena Fraksi itu bukan termasuk Alat Kelengkapan Dewan maka setelah ada penunjukan Ketua Sementara DPRD beberapa waktu lalu langsung dibentuk fraksi-fraksi," ungkap Kabag Hukum Setwan Dompu, Sugeng Karyanto, SH.

Adapun Susunan dan Komposisi masing-masing fraksi dimaksud, yaitu Fraksi Partai Nasdem diketuai oleh Muhammad Ikhsan, S. Sos, Wakil Ketua, Ir. Muttakun, Sekretaris Pahlawan Indra Jaya, SE, dan Anggota Andi Bachtiar, A. Md. Par.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Rahmat Syafiuddin, SH (Ketua), Dina Imayanti (Wakil Ketua), Alfian Putra Setia (Sekretaris), dan H. Muhammad Amin, S. Pd (Anggota).

Fraksi Partai Gerindra, Syarifuddin, S. TP (Ketua), Ismanto (Wakil Ketua), Lambi Mapasese Debakti, SH (Sekretaris), dan Jamaludin, S. Sos (Anggota).

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Mohamad Subahan, SE (Ketua), Ahmadin (Wakil Ketua), dan Adi Rahmat (Sekretaris).

Fraksi Partai Demokrat, Ismul Rahmadin, S. Pd.I (Ketua), Yatim (Wakil Ketua), dan Sirajuddin, S. Sos (Sekretaris).

Fraksi Partai Golkar, Abdul Fakah (Ketua), Drs. M. Satria Irawan (Wakil Ketua), dan Ade Pribadi, SH (Sekretaris).

Fraksi Annur Perjuangan Berkarya, Suharlin, ST (Ketua), Kurniawan Ahmadi (Wakil Ketua), Muhammad Rasyid Ridha (Sekretaris), Suhaimin, SH (Anggota), dan Nurrahmi (Anggota).

Fraksi Bulan Bintang Sejahtera, Nadirah, SE, Akt (Ketua), Ir. Irfan (Wakil Ketua), Dahlan (Sekretaris), dan Iskandar (Anggota). [RIS]