BPBD Dompu Terus Berupaya Distribusi Air Bersih di Sejumlah Wilayah

Iklan Semua Halaman

.

BPBD Dompu Terus Berupaya Distribusi Air Bersih di Sejumlah Wilayah

Minggu, 24 November 2019
BPD Kabupaten Dompu saat pendistribusian air bersih di Lingkungan Dorompana Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu. Foto Poris Berita11.Com
Dompu, Berita11.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu NTB, terus berupaya melakukan distribusi air bersih.

Hal itu dilakukan menyusul masih terjadinya kekeringan atau krisisnya air bersih di sejumlah wilayah Kabupaten Dompu salah satunya di Lingkungan Dorompana Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu.

"Kita melihat situasi di lapangan memang hampir semua mengalami kekeringan air bersih dan kami tetap melakukan distribusi air bersih ke warga yang membutuhkan," ujar salah satu Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Dompu, Karman, saat dropin air bersih di lingkungan, Minggu (24/11/2019) sore.

Karman menjelaskan, warga yang dilanda krisis air bersih di sejumlah tempat disebkan kemarau panjang sehingga air bawah tanah, seperti sumur, jetpump dan sumber mata air mengalami kekeringan.

Namun dalam hal pelayanan, lanjut Karman, ada beberapa hal yang menjadi kendala yaitu kurangnya sarana seperti mobil tangki.

Untuk itu, pihaknya sangat berharap terhadap BPBD provinsi maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bisa membantu untuk mempermudahkan pelayanan dan kepetingan masyarakat.

"Kita hanya keterbatasan sarana saja, untuk itu, kami sangat berharap kepada pemerintah Provinsi maupun Pusat untuk pengadaan mobil tangki," harapnya.

Tak hanya itu, Karman juga berharap agar pemerintah provinsi maupun pusat dapat menyalurkan bantuan sumur bor permanen khusus di tempat-tempat dataran tinggi seperti di lingkungan itu.

"Daerah-daerah yang dulu biasanya dibanjiri air, sekarang sudah mulai mengalami kekeringan, mudah-mudahan BNPB juga dapat membantu meringankan beban masyarakat kita," harapnya.

Sementara, salah satu ibu rumah tangga Siti Aminah warga setempat sangat bersyukur dan mengapresiasi terhadap BPBD yang telah meringankan beban mereka dalam mengalami krisisnya air bersih.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah khususnya BPBD yang telah menyalurkan air bersih, kami sangat membantu apalagi beberapa hari ini air dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) jarang sekali datang," bersyukurnya. [NURIS]