Bupati Dompu Ajak Petani Jagung “Mai Ta Kataho Mori Ra Woko Labo BNI”

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Dompu Ajak Petani Jagung “Mai Ta Kataho Mori Ra Woko Labo BNI”

Senin, 25 November 2019
Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin usai memberikan bantuan kredit KUR ke petani jagung secara simbolis. Foto Poris Berita11.com
Dompu, Berita11.Com - Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin (BHY) mengajak para petani jagung untuk selalu menjalin kemitraan dengan BNI dengan kalimat “Mai Takataho Mori Ra Woko Labo BNI” kurang lebihnya (Mari perbaiki hidup kita bersama BNI).

Arahan ini disampaikan saat mengahadiri kegiatan Penandatanganan massal perjanjian Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang digelar PT Bang Negara Indonesia (Persero) Tbk kantor Cabang pembantu Dompu di Gedung PKK,
Senin (18/11/2019) pagi.

Pada kesempatan itu, HBY memberikan apreasi terhadap pihak BNI yang telah membantu, menyalurkan dana pinjaman kepada masyarakatnya yang saat ini sedang dihadapkan dengan bercocok tanam.

“Kita harus bangga dan berterimakasih atas dukungan yang diberikan oleh pihak BNI, dengan pemberian modal usaha yang bungannya cukup ringan, 7 porsen per tahun atau 0,3 porsen per bulan artinya sangat terjangkau dan tidak terlalu memberatkan bagi kita selaku nasabahnya,” ucap HBY

“Hal ini bisa kita bandingkan kalau kita pinjam di tempat rentenir yang bunganya hingga 20 porsen, membuat kita tidak bisa tenang dan kita selalu diteror dengan penagihan,” sambugnya.

Disamping itu, HBY mengingatkan kepada sejumlah petani jagung selaku penerima dana KUR agar setelah terima dana bantuan modal tersebut dapat digunakan sebaik mungkin, terutama dalam memenuhi kebutuhan saat melakukan bercocok tanam nantinya.

“Dengan adanya modal tersebut, masyarakat tidak lagi sulit untuk mendapatkan kebutuhan saat bertani, baik untuk membeli pupuk serta untuk menggaji orang saat melakukan penanaman serta kebutuhan lainya,” imbuhnya.

Lewat kesempatan itu, sebagai Pemerintah Daerah, tidak membatasi masyarakat untuk mencari makan dengan bertani, khususnya di wilayah pengunungan, hanya saja, HBY menegaskan, masyarakat juga harus bisa memahami dengan kondisi pengunungan saat ini yang sudah tandus hingga merambat ke kehutan lindung.

“Boleh kita menanam jagung , hanya saja saya pesan jangan lupa di sela sela kita tanam jagung, tolong juga disisipkan dengan menanam pohon, pohon bisa kita tanam di pinggir tanaman kita,” tegasnya.

“Bahkan bisa kita tanam dan jadikan pagar keliling, sebab, manfaatnya cukup banyak, baik untuk kita berteduh dari terik matahari, juga mampu dimanfaatkan untuk menyimpan mata air untuk kehidupan kita,” sambung HBY.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut HBY didampingi Asisten II, Kabag Ekonomi serta Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dompu, Ilham SP dan Kabag Humas Setda Kabupaten Dompu  M. Iksan SST. MM.

Turut hadir Pemimpin Cabang BNI Bima, H.M. Amir SH, Pimpinan BNI  KCP Dompu, Rahmat Hary beserta Staf, Asosiasi Distributor Pupuk Kaltim NTB , H. Ibrahim dan Distributor PKT Dompu, Sopian dan lebih kurang 100 orang petani jagung. [RIS/ADV]