Dandim 1614/Dompu Gandeng Camat Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak

Iklan Semua Halaman

.

Dandim 1614/Dompu Gandeng Camat Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak

Selasa, 12 November 2019
Seragam Dinas Keki Camat Dompu, Abdurrahman, S.Sos dan sebelah kanannya Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom saat berkunjung di salah satu TPS Desa Mangge Asi. Foto Poris Berita11.Com 

Dompu, Berita11.Com - Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom bersama Camat Dompu Abdurrahman, S.Sos terjun langsung memantau pelaksanaan proses Pemilihan Kepala Desa Serentak di wilayah Kabupaten Dompu NTB, Selasa (12/11/2019).

Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan proses Pilkades serentak di Kabupaten Dompu sebanyak 23 desa dapat berlangsung dengan lancar, aman dan tertib.

Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom saat berkunjung di Desa angge Asi Kecamatan Dompu menuturkan, kunjungannya itu bertujuan untuk memantau berlangsungnya proses pemilihan Kepala Desa sekaligus menghimbau terhadap warga untuk bisa menghormati aturan yang berlaku terutama bagi calon Kepala Desa.

“Seluruh calon dapat menerima hasil pelaksanaan Pilkades ini, dan khusus Kepala Desa yang menang nanti semoga bisa membangun daerahnya, begitu juga dengan para pendukung diharapkan mengikuti aturan yang berlaku,” ujar Ali Cahyono.
 
Usai mengecek di TPS Desa Mangge Asi Foto Poris Berita11.Com
Ali berharap, pelaksanaa Pilkades itu biarkan panitia yang menanganinya dan sejak tahap seleksi hingga pelaksanaan pencoblosan berlangsung belum ada sesuatu hal yang dapat mengganggu jalannya proses Pilkades di Dompu.

“Kita serahkan semuanya pada Panitia dan saya yakin panitia lebih profesional dalam menjalankan tugasnya dan Alhamdullah, mulai dari tahap seleksi hingga kini belum ada dijumpai hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” jelasnya.  

Sementara itu, Camat Dompu Abdurrahman, S.Sos menyampaikan ucapan terima kasih terhadap calon Kepala Desa maupun warga yang sudah menjaga dan ikut berpartisipasi dalam mengamankan jalannya proses Pilkades serentak.

”Seperti yang disampaikan masyarakat itu sendiri, mereka ingin membangun dan memperbaiki desanya, sehingga masyarakat ini akan memilih para calon atau figur yang mereka dianggap baik dan yang betul-betul transparan dan terbuka dan betul-betul bisa bekerja sama dengan masyarakatnya,” imbuhnya.

Tak hanya itu, lanjut Abdurrahman, seluruh para calon selama proses kampanye tidak ada yang menggerakan massa nya untuk melakukan hal di luar dari aturan atau prosedur, sehingga tidak terjadi hal yang dapat menggangu jalannya proses Pilkades. Hal itu yang membuat dirinya bangga terhadap warganya dan memberikan apresiasi.
 
Dandim 1614/Dompu dan Camat Dompu saat berbincang-bincang dengan warga Desa Mangge Asi. Foro Poris Berita11.Com
“Pada saat kampenye hingga saat ini, tidak ada calon yang mengarahkan massanya bikin keributan, sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat lain, ini saya merasa berterima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya sudah luar biasa, artinta masyarakat kita sudah mandiri dan profesional,” ucap Camat Dompu ini.

Menurut Abdurrahman, hadirnya konflik di tengah-tengah masyarakat dikarenakan adanya interfensi dari berbagai pihak, jadi untuk mencegah hal itu terjadi kembali, Abdurrahman sebelum pelaksanaan Pilkades berlangsung pihaknya telah memanggil unsur-unsur terkait untuk dibuatkan komitmen.

“Sebelum melaksanakan pemilihan ini, kemarin kami telah memanggil para calon Kepala Desa, kemudian saksi-saksinya, Ketua DPD bersama anggotanya dan Ketua panitia bersama anggotanya untuk dibuatkan komitmen dan menghargai aturan yang telah ditetapkan, sehingga Pilkades berjalan lancar aman dan tertib,” terang Abdurrahman. [RIS]