Diskanlut Gandeng Sejumlah Pihak Tanam 1000 Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Nangamiro

Iklan Semua Halaman

.

Diskanlut Gandeng Sejumlah Pihak Tanam 1000 Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Nangamiro

Selasa, 26 November 2019
Sejumlah unsur yang melakukan penanaman 1000 pohon magrove di Pesisir Pantai Nangamiro. Foto ist
Dompu, Berita11.Com - Setelah dilakukan penanaman pada tahun 2017 lalu, kini Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Dompu gandeng sejumlah pihak untuk menanam kembali pohon magrove sebanyak 1000 pohon di pesisir pantai Desa Nangamiro Kecamatan Pekat, Selasa (26/11/19).
Ketua KNPI Kecamatan Pekat Guntur
Selain Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Penanaman pohon magrove juga dilibatkan KNPI Kecamatan, personel Pol Airud Polres Dompu kemudian TNI AL, Pokdarwis, Pemdes dan para pelajar tingkat SMP dan SMA se-Kecamatan Pekat.

Ketua KNPI Kecamatan Guntur pada Berita11.Com mengatakan, penanaman pohon magrove bagian dari upaya melestarikan ekosistem di pesisir pantai, selain itu, untuk menjaga dan antisipasi terjadinya air pasang, gelombang, lebih-lebih dikhawatirkan tsunami melanda daerah sekitar.

“Dengan bermitra dengan Pokdarwis, Dinas Pendidikan dan lain lain, kegiatan semacam ini akan membuat lingkukan kita menjadi lebih baik,” ungkapnya.

“Apa yang kita lakukan hari ini akan berguna bagi kehidupan generasi selanjutnya,” sambung Guntur.

Guntur mengambil contoh dengan keberhasilan suatu kampung di India sana, tepatnya di kampung Tamil Nadu, penduduknya ratusan orang yang hidupnya tidak jauh dari bibir pantai, akibat dikelilingi pohon magrove sehingga bebas dari hantaman bencana tsunami. Hal itu lah yang diinginkannya.

"Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), dalam Tsunami mitigation by mangroves and coastal forests, di Tamil Nadu, India, sekitar 700 orang yang tinggal di sebuah dusun selamat dari tsunami karena kampung itu terletak antara 100 meter hingga 1 kilometer dari hutan bakau," pungkasnya. [NURIS]