Figur Apresiasi DPRD Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Figur Apresiasi DPRD Dompu

Kamis, 21 November 2019
Anggota Figur saat pelantikan Ketua Figur Kecamatan. Dok. Poris Berita11.Com
Dompu, Berita11.Com - Forum Guru Honorer (Figur) Kabupaten Dompu di bawah kendali Mahfud, S.Pd memberikan apresiasi terhadap anggota DPRD Dompu lebih khusus Komisi I yang telah merespon baik dengan kehadiran Figur dalam menyampaikan keluhan tentang Surat Keputusan (SK) Bupati dan menajadikan atensi khusus di dalam rapat pembahasan komisi terkait rencana kerja satu bulan setengah mendatang. 

“Kami sangat bangga dan apresiasi pada anggota DPRD yang baru ini lebih-lebih ketua komisi I Muttakun yang telah menerima kami dan mendengarkan apa yang menjadi keluhan kami sebagai guru honore,” ujar Ketua Figur pada Berita11.com usai menemui Ketua Komisi I Ir. Muttakun, Kami, (21/11/19) siang.

Menurut Mahfud, ada beberapa persoalan yang perlu dibahas menyangkut Figur yang juga sudah menjadi catatan penting bagi Figur salah satunya soal SK Bupati dengan dibebankan oleh Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau dibebankan pihak sekolah.

“DPR yang baru ini telah memberikan warna baru bagi kami jika dibandingkan dengan DPR sebelumnya, DPR sebelumnya meskipun sudah sering kali kami melakukan hering atau menyampaikan aspirasi tentang keluhan kami namun hanya iming-iming saja,” ujar Mahfud.

Dikatakannya, anggota Figur se-Kabupaten Dompu yang berjumlah lebih kurang 800 orang itu yang terdiri dari guru honorer dan tenaga kependidikan dapat diperhatikan.

Tak hanya itu, Mahfud juga mengapresiasi dengan menyiapkan sarana komunikasi melalui media sosial dalam akun Facebook Komisi I DPRD Dompu sehingga masyarakat dengan mudah menyampaikan aspirasi atau keluh kesahnya tentang persoalan yang terjadi.

“DPR sebelumnya, kami tidak pernah melihat akun facebook seperti ini, jadi ini merupakan hal yang sangat luar biasa dilakukan DPR yang baru ini, lewat akun facebook itu, kami juga bisa mengetahui tentang informasi yang berkembang,” bersyukurnya.
 
Anggota Figur. Dok Poris Berita11.Com
Sementara itu, Sekertaris Jendral (Sekjend) Figur Hendra, S.Pd menilai, jika disorot SK Bupati memang dari tahun ke tahu mengalami penurunan nilainya yang dulunya dibebankan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kemudian di tahun 2016 lalu dihilangkan gajinya dan di tahun 2019 ini dibebankan oleh BOS atau pihak sekolah.

Dengan hadirnya DPR yang baru ini, menurut Hendra, apa yang menjadi keresahan Figur terutama hadirnya SK tersebut piahk DPR dalam hal ini komisi I mengambil sikap untuk menindak lanjuti, hal itu yang membuat mereka mengapresiasi terhadap anggota DPR lebih khusus kepada ketua Komisi I Muttakun.  

“Kami merasa merasa bersyukur, dengan sendirinya beliau (Muttakun) mengambil sikap dan menindak lanjuti atas keluhan-keluhan tenaga honorer,” ungkap Hendra.

Hendra menilai, anggota DPR yang baru saja dilantik itu sudah mulai menampakan warna baru, meskipun bisa dibilang seumur jagung.

“Pada hal baru dilantik sudah mau mengambil kebijakan dan menjadi langkah awal, sehingga dengan hadirnya DPR baru ini mampu membawa warna baru bagi tenaga honorer khusus di Kabupaten Dompu ini,” kata Hendra.

Sebelumnya, Ketua Komisi I Ir. Muttakun saat ditemui Ketua Figur dengan tujuan menyerahkan SK tersebut di ruangan Komisi I mengatakan, pihaknya berjanji akan prioritaskan soal keluhan Figur mengenai SK itu termasuk aspirasi rakyat yang masuk baik dalam akun facebook maupun aspirasi yang masuk secara langsung.

“Dalam rapat besok Jumat (22/11) ada dua atensi kami, masalah aspirasi masyarakat dan termasuk masalah SK ini,” ujar Muttakun. [RIS]