Jelang Akhir Tahun, PA Bima Terima 1.933 Pendaftaran Perkara, Cerai Gugat Dominan

Iklan Semua Halaman

.

Jelang Akhir Tahun, PA Bima Terima 1.933 Pendaftaran Perkara, Cerai Gugat Dominan

Kamis, 28 November 2019
Daftar Perkara yang Ditangani PA Kelas 1B Bima. Foto US/ Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Menjelang tutup buku atau akhir tahun 2019, Pengadilan Agama (PA) Kelas 1 B Bima tercatat menerima 1.933 pendaftaran perkara. Dari ribuan perkara yang didaftarkan, didominasi kasus perceraian 1.833.
   
Panitera Muda Hukum PA Bima, Arifudin Yanto menyebutkan, dari total 1.933 pendaftara perkara yang didaftarkan, 440 di antaranya merupakan permohonan dispensasi, di antaranya meliputi hak perwalian, isbat nikah dan warisan.

“Kalau untuk perkara perceraian didominasi gugatan (permohonan kaum hawa). Kita juga belum tahu penyebabnya spesifiknya. Mungkin karena Bima itu didominasi masalah kekerasan. Belum ada mahasiswa (Hukum) yang datang meneliti tentang itu, dari dulu sampai sekarang belum ada yang meneliiti itu. Kenapa dominan cerai gugat,” katanya di PA Bima, Rabu (27/11/2019).

Diakuinya, dari sejumlah perkara yang ditangani PA setempat, sebagian diajukan oleh tergugat melalui proses banding. Selain memutus perkara perceraian, beberapa pendaftar juga ada yang menarik berkasnya atau rujuk. “Kalau untuk yang banding khusus kita di PA Bima di bawah 20 (kasus). Biasanya itu kalau si suami keberatan,” katanya. [AD]