Jelang Akhir Tahun, TBBM Bima dan Elnusa Petrofin Pastikan Stok BBM Aman

Iklan Semua Halaman

.

Jelang Akhir Tahun, TBBM Bima dan Elnusa Petrofin Pastikan Stok BBM Aman

Sabtu, 16 November 2019
Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Bima. Foto AD/ Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Menjelang akhir tahun 2019, Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Bima dan mitranya, PT Elnusa Petrofin  memastikan stok BBM untuk wilayah Bima-Dompu khususnya untuk jenis pertamax dan pertalite aman. Setiap bulan terdapat dua kapal tangker yang menyuplai pertamax untuk TBBM Bima.

Head of Operation PT Elnusa Petrofin, mitra TBMM Bima, Ardy menjelaskan, sejak 29 Oktober 2019 lalu, setiap SPBU di Bima dan Dompu seperti SPBU Lamere Penetaoi, SPBU Bahana, SPBU Amahami, Totimori Donggobolo, SPBU Sape, SBPU Rabakodo, SPBU Wera, SPBU Sila.  

“Kalau pertalite sudah menyeluruh sampai ke Sape, sampai Wera dan Dompu juga. Suplly kita paling jauh di Manggelewa, Karijawa, O’o. Kalau di Dompu ada tiga SPBU, ada pertalite semua,” katanya di TBBM Bima, Jumat (15/11/2019).

Dijelaskannya, secara umum pertamax tidak dipasok lagi dari TBBM Badas Sumbawa. Karena tersedia di TBBM Bima. Hal itu dapat meminimalisasi kecelakaan dijalan, karena jarak tempuh dan lokasi yang dekat. “Sekarang tidak ada kekosongan lagi, pertamax pertalite, stok menipis saja sudah langsung kita suplly dari sini. Alhmadulillah pertanggal 29 Oktober,” katanya.

Ardy memastikan, belum pernah terjadi kekosongan stok bahan bakar di SPBU. Karena saat kondisi menipis, sudah langsung disalurkan pihaknya.

“Kalau ada kelangkaan, kita antisipasi. Kecil kemungkinan kelangkaan di sini. Karena kita di satu Pulau Sumbawa ini ada dua TBBM. Ada di TBBM Badas Sumbawa dan TBBM Bima. Jadi, kalau ada tipis stok kita di Bima, otomatis kita ambil stok di Badas sehari sebelumnya. Sudah kita planing. Jadi, kecil kemungkinan untuk kekosongan di SPBU, beda dengan kalau satu pulau cuma 1 TBBM,” katanya.

Dijelaskannya, tanggung jawab PT Elnusa Petrofin adalah mengelola pendistribusian BBM ke SBPU. Memastikan tidak ada kekosongan dan keterlambatan. “Tidak sampai ada keterlambatan, apalagi kekosongan. Jadwal pengiriman harus sesuai. Kita sudah ada prioritasnya yang punya stok tipis perioritas,” katanya.


Penegasan tentang kepastian amannya stok BBM di wilayah Bima-Dompu juga disampaikan Kepala TBBM Bima Wilayah NTB, Yudho Tri P. Sebelum stok BBM habis, pihak PT Elnusa Petrofin sudah menyalurkank ke SPBU, sehingga terjamin tidak terjadi kelangkaan bahan bakar. [AD]