23 Kades Terpilih Dilantik, Ketua DPRD Dompu: ADD/DD Pintu Masuk, Jika Disalah Gunakan

Iklan Semua Halaman

.

23 Kades Terpilih Dilantik, Ketua DPRD Dompu: ADD/DD Pintu Masuk, Jika Disalah Gunakan

Jumat, 27 Desember 2019
Ketua DPRD Kabupaten Dompu Andi Bachtiar, A. Md. Par. Dok. Poris Berita11.com
Dompu, Berita11.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu Andi Bachtiar, A. Md. Par menghadiri pelantikan Kepala Desa yang terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Selasa (12/11/2019) lalu. 

Pelantikan 23 Kades terpilih dilaksanakan di depan Gedung Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu Kabupaten Dompu NTB pada Kamis (26/12/19) siang.

Usai acara pelantikan, Andi Bachtiar kepada Berita11.com mengatakan, seluruh Kades yang ada termasuk yang baru saja dilantik agar berhati-hati dalam pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), karena apabila disalah gunakan, maka pintu masuk ke jeruji besi atau terjerat hukum akan terasa mudah.

“Hati-hati dalam menggunakan ADD dan DD karena itu pintu masuk saudara-saudara terjerat hukum kalau disalah gunakan, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik,” kata Andi Bachtiar.

Tak hanya itu, Andi Bachtiar juga menghimbau bahwa kepala desa harus bisa menerima masukan atau kritikan dari semua pihak, hal itu demi pembangunan desa yang lebih baik, karena bagaimanapun ADD dan DD mempunyai tujuan utama adalah mensejahterakan rakyat.

“Oleh sebab itu, saya ingatkan kepada seluruh kepala desa, harus siap-siap untuk menerima kritikan dan siap-siap menghadapi tantangan dan ujian,” Andi Bachtiar mengingatkan kepada kepala desa.

Pengawasan penggunaan DD dan ADD, Andi Bachtiar kembali menegaskan, sekarang sudah semakin ketat, tidak hanya polisi, namun juga ada dari kejaksaan bahkan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) maupun pihak-pihak lain.

“Kepada kepala desa, jangan cepat berubah, tantangan kedepan bahwa perencanaan pembangunan di desa ada keterlibatan masyarakat ada keterlibatan publik serta pihak-pihak lain untuk ikut serta menentukan arah dan kebijakan penggunaan DD dan ADD,” tegas Andi Bachtiar. [RIS]