Anggota BPD Desa Doromelo Periode 2019-2025 Resmi Dilantik

Iklan Semua Halaman

.

Anggota BPD Desa Doromelo Periode 2019-2025 Resmi Dilantik

Senin, 02 Desember 2019
Anggota BPD yang baru terpilih dan jajaran Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Anggota Badan Permusyarawatan Desa (BPD) desa Doromelo Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB periode 2019-2025 resmi dilantik sekaligus pengambilan sumpah janji anggota, Senin (2/12/2019) pagi.

Acara tersebut berlangsung di aula desa setempat dan dihadiri Camat Manggelewa Drs Ismail, Danramil 614-06 Kapten Inf. A. Mujiono, Kapolsek IPDA Ramli, SH dan para tamu undangan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Camat Manggelewa Drs. Ismail mewakili Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dalam sambutannya mengatakan, dengan dilantiknya anggota BPD yang baru itu akan mampu membawa perubahan dalam pelaksanaan dan tata kelola pemerintahan serta keuangan desa.

“BPD mempunyai tiga kewenangan pokok yaitu : pertama, menyusun dan menetapkan rancangan peraturan desa bersama kepala desa, kedua, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa, ketiga menjaring aspirasi masyarakat kedusunan masing-masing,” urai Camat Manggelewa.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Doromelo Junaiddin Mahmud, juga dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat berharap dengan kehadiran BPD yang baru itu mampu memberikan warna dalam hal kemajuan desa setempat.

“Semoga BPD yang baru ini lebih berproduktif dalam melahirkan regulasi dan PERSES yang berkekuatan tetap dan mengikat agar terwujud pemerintahan desa yang transparan dan akuntabilitas sesuai amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku,” inginnya.

Menyikapi persoalan yang muncul di Desa Doromelo beberapa waktu terakhir ini, pada kesempatan itu Kades menghimbau kepada seluruh warganya untuk lebih aktif ikut mengawasi segala sesuatu yang berkaitan dengan kebijakan agar dalam pelaksanaannya mencapai hasil sesuai harapan.

“Kami berharap kepada masyarakat lebih-lebih anggota BPD yang baru, agar dapat bekerjasama dengan Pemerintah Desa dalam membangun desa dan meningkatkan ekonomi masyarakat serta mensejahterakan masyarakat,” harap Kades.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BPD terpilih Eryc Rahmatullah usai membacakan Kata Pengantar, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih terhadap masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mendukungnya dan memberikan kepercayaan sehingga terpilih ketua BPD periode 2019-2025.

“Terimakasih yang tiada terhingga bagi seluruh lapisan masyarakat Desa Doromelo yang telah memberikan dukungan bagi seluruh anggota BPD terpilih, yang ke depannya berharap BPD merupakan wadah penyampaian aspirasi masyarakat, yang akan bekerja maksimal dengan dukungan dari semua pihak,” ucapnya.

Ketua BPD terpilih yang juga Pria dengan sapaan akrab D' Rycko ini, lewat kesempatan itu dengan tegas menolak harapan Kades Doromelo untuk bekerja sama dalam membangun desa. “Dengan tegas saya menolak untuk diajak kerjasama,” tegas pria yang sedikit berjibaku ini.

Pernyataan spontanitas dikeluarkan pria yang dulu dikenal preman ini sempat membingungkan tamu undangan yang hadir, akan tetapi beliau melanjutkan, penolakan itu sangat beralasan karena BPD dan Kades memiliki tupoksi dan ruang serta kewenangan yang berbeda.

Jika bekerjasama, Menurut Eryc, maka dengan sendirinya BPD akan merampas tugas dan kewenangan, karena itu dirinya menawarkan BPD dan Kades harus sama-sama bekerja demi terciptanya harapan seluruh element masyarakat.

“Dalam kesempatan ini saya ingin menawarkan kepada bapak Kepala Desa bahwa kita harus sama-sama bekerja dalam ruang dan kewenangan yang berbeda,” gurau Eryc sekaligus menutup kata pengantarnya. [RIS]