Forkopim Kecamatan Manggelewa Gelar Penghijauan Perdana di Banggo

Iklan Semua Halaman

.

Forkopim Kecamatan Manggelewa Gelar Penghijauan Perdana di Banggo

Senin, 02 Desember 2019
Anggota Koramil 1614-06/ Manggelewa Bersama Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Melaksanakan Penghijauan Perdana di atas Lahan Seluas 351 Hektar di Desa Banggo Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Senin (2/12/2019).

Dompu, Berita11.com—  Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopim) Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB melaksanakan penghijauan di So Nteko Dungga Dusun Mpongge Desa Banggo, di atas lahan seluas 351 hektar, Senin (2/12/19).

Forkopim Kecamatan Manggelewa terdiri dari anggota Koramil 1614-06, Polsek, Camat Manggelewa dan Pemerintah Desa Banggo. Penghijauan juga melibatkan jajaran Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Resor Ampang Riwo, guru dan murid SDN Banggo serta warga desa setempat selaku penggarap lahan lebih kurang 55 orang.

Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom menjelaskan, bibit yang ditanam adalah berbagai jenis pohon multikultura dan penanaman itu merupakan penghijauan perdana.

“Jenis bibit yang akan ditanam adalah nangka, kemiri, durian, rambutan dan mahoni yang penanaman perdana dimulai bulan Desember hingga Januari 2020 mendatang,” jelas Dandim.

Dikatakannya, penanaman pohon itu bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir, erosi, tanah longsor, serta melestarikan sumber daya air dan lain-lain. Penanaman perdana dilakukan secara simbolis dan akan diteruskan oleh para petani di sekitarnya.


“Tadi penanaman dilakukan secara simbolis, yang selanjutnya akan ditanami sendiri oleh masing-masing pengelola lahan atau para petani itu sendiri,” kata Dandim pada Berita11.com.

Ali menuturkan, Danramil 1614-06/Manggelewa, Kapten Inf. A. Mujiono, ditugaskan untuk mengawal jalannya program tersebut mulai dari proses penghijauan hingga selesai.


“Danramil Manggelewa akan selalu siap mengawasi kehutanan di wilayah teritorialnya dan selalu siap membantu program penghijauan pemerintah untuk kesejahteraan rakyatnya,” bebernya. [RIS]