Kilas Balik Kinerja Pemda, MOI Dompu Buka Ruang Diskusi “OBOR”

Iklan Semua Halaman

.

Kilas Balik Kinerja Pemda, MOI Dompu Buka Ruang Diskusi “OBOR”

Senin, 30 Desember 2019
Anggota MOI Kabupaten Dompu. Dok. MOI

Dompu, Berita11.com - Sebagai refleksi dipenghujung tahun 2019 menuju tahun 2020, Medio Online Indonesia (MOI) Kabupaten Dompu membuka ruang diskusi publik dengan Tema “Kilas Balik Kinerja Pemerintah Kabupaten Dompu”. Kegiatan yang berjudul Obrolan Orang-orang Seputar Dompu (OBOR DOMPU) ini rencananya bakal digelar di Gedung Pemuda Kelurahan Bada, Selasa (31/12/19) dimulai sekira pukul 20.00 Wita hingga selesai.

Kegiatan yang bisa dibilang cukup menarik ini sebagai bentuk terobosan terbaru yang digagas MOI Cabang Dompu ini dengan menyediakan ruang bagi partisipasi masyarakat atau organisasi masyarakat sipil dalam mengupas atau membahas kembali penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda) selama tahun 2019.

Penyelenggaraan kegiatan itu juga, didukung penuh oleh salah satu Anggota DPRD Dompu yang juga ketua Komisi I Ir. Muttakun dan disponsori oleh Ori Coffee, Yayasan Endri's Foundation (EF) Cabang Dompu, LP2DPM, Lembaga Kursus dan Pelatihan Perduli Rasa dan Komisi Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Dompu.

Ketua MOI Cabang Dompu Sarwon Al-Khan, S.Sos menyebutkan, adapaun pihak yang dihadirkan adalah dari tiga Pilar Good Governance (Pemerintah, Masyarakat dan Pengusaha) diantaranya adalah unsur eksekutif, legislatif, yudikatif, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat serta pengusaha.

Pria sapaan akrab Om Won yang juga memiliki ciri khas kumis tebal ini menegaskan, yang dimana pada kegiatan yang bakal digelar itu tidak ada muatan politik. Apalagi di tahun 2020 mendatang ada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).
Anggota MOI Kabupaten Dompu dan Ketua Komisi I DPRD Dompu Ir. Muttakun dan sejumlah Sponsor saat menggelar rapat di Sekber. Dok. Poris Berita11.com
“Insyaalah tidak ada nuansa politik yang ditampilkan. Yang diharapkan bagi peserta undangan diwajibkan memberikankan kritik dan mampu juga menuangkan solusi,” tegas pria pemilik media Lakeynews ini.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Dompu Ir. Muttakun, kepada Berita11.com mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut apalagi tersedianya ruang publik yang diisi dengan kegiatan diskusi dan dikemas dalam bentuk Obrolan Orang Dompu.

“Jika kegiatan tersebut berhasil dilaksanakan maka saya sangat memberi apresiasi kepada MOI yang telah mampu melahirkan cikal bakal tumbuh dan berkembangnya demokrasi di Kabupaten Dompu,” ujar Muttakun.

“Melalui diskusi ini, maka akan terbuka ruang partisipasi bagi masyarakat sipil dan organisasi masyarakat sipil untuk memberi kritik yang konstruktif serta solusi dalam bentuk saran, masukan bagi perbaikan penyelenggaraan Pemda”, sambung Muttakun.
Saat diskusi di Sekber MOI Kabupaten Dompu. Dok Poris Berita11.com
Atas nama pribadi dan anggota DPRD Kabupaten Dompu, Muttakun menambahkan, dirinya mendukung penuh dengan kegiatan yang dimaksud, bahwa acara ini diharapkan bisa berkelanjutan dan perlu ditumbuh kembangkan agar dapat diadakan secara rutin minimal sebulan sekali dengan mengangkat topik yang bersifat tematik yang menjadi perhatian publik Dompu.

“Dan tentu saja output (kesimpulan atau rekomendasi) dari kegiatan OBOR ini akan menjadi bahan advokasi saya dalam melaksanakan tugas dan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan,” bebernya.

Bahkan, lanjut Muttakun, dalam pelaksanaan fungsi anggaran maka hasil dari OBOR ini akan bisa ditindaklanjuti hingga pembahasan di tingkat komisi maupun banggar sehingga menjadi kebijakan politik berupa lahirnya regulasi dan dukungan anggaran.

“Saya berharap kegiatan tersebut akan berkelanjutan dan menjadi agenda khusus yang didukung oleh lembaga DPRD,” harapnya. [RIS]