Mobil Dinas Bappeda Penyok Ditimpa Pohon, 11 Rumah Warga Keli Rusak “Disambar” Puting Beliung -->

Iklan Semua Halaman

.

Mobil Dinas Bappeda Penyok Ditimpa Pohon, 11 Rumah Warga Keli Rusak “Disambar” Puting Beliung

Senin, 23 Desember 2019
Kondisi Mobil Dinas Bappeda Kabupaten Bima yang Tertimpa Pohon di Parkiran OPD Setempat, saat Hujan dan Angin Kencang Melanda Kota Bima dan Daerah Sekitar, Senin (23/12/2019). Foto Source.

Bima, Berita11.com— Angin kencang melanda wilayah Bima, Dompu dan daerah sekitar, Senin (23/12/2019) siang.  Sambaran puting beliung menimbulkan sejumlah kerusakan seperti pohon tumbang yang menimpa mobil dinas di kantor Bappeda Kabupaten Bima di Jalan Gatot Soebroto Kota Bima  dan 11 rumah warga Desa Keli Kecamatan Woha Kabupaten Bima.

Berdasarkan laporan petugas BPBD Kota Bima, pohon tumbang di kantor Bappeda Kabupaten Bima terjadi setelah hujan deras disertai angin pukul 12.40-13.10 Wita.
Sementara itu, pada bagian lain,  tercatat 11 rumah dan gudang bawang merah milik warga Desa Keli Kecamatan Woha Kabupaten Bima rusak karena diterpa puting beliung, sebagaimana laporan petugas Pol PP.

Bangunan yang rusak merupakan milik Jaenab Abdullah (43 tahun), warga  RT 10/02 Dusun Sigi Desa Keli. Kerugian yang dialaminya ditaksir Rp5 juta. Selain itu,  gudang bawang merah milik  Junaidin H Abdullah (45 tahun) warga dusun yang sama, dengan nilai kerugian yang ditaksir Rp10 juta.

Bangunan lain yang rusak diterpa puting beliung, milik A. Wahab dengan kerugian yang ditaksir Rp5 juta. Kemudian Sariman,  Kaharuddin,  Jamaluddin, Dul, Salama, Muslimin,  Ikbal,  dan Rahman yang merupakan warga RT 02, RT 03 dan RT 10 Desa Keli Kecamatan Woha.

Camat Woha, Irfan DJ SH yang dihubungi Berita11.com, membenarkan peristiwa tersebut. pihaknya sudah melaporkan peristiwa puting beliung yang menerpa sejumlah bangunan di Desa Keli kepada petugas BPBD Kabupaten Bima.

“Besok saya dan sejumlah pihak akan turun mengecek kondisi di lokasi. Karena pasca angin kencang dan hujan, hari menjelang sore,” katanya.

Ia juga mengisyaratkan, pemerintah akan menyalurkan tanggap darurat untuk sejumlah korban puting beliung di Desa Keli Kecamatan Woha.

Kondisi Atap Bangunan Milik Warga Desa Keli Kecamatan Woha Kabupaten Bima yang Terhempas Setelah Disambar Puting Beliung, Senin (23/12/2019) Siang.

Sebelumnya, pada  13.25 Wita, anggota Pol PP Kecamatan Woha, Ihwan dan Rifaid bersama Babinsa  Keli, Serka Agus BW menuju TKP memastikan kejadian, sekaligus mendata kerugian warga .

Pada saat yang bersamaan, Penjabat Kepala Desa Keli, Murtala Baco S.sos bersama aparatur desa menuju lokasi sambaran puting beliung untuk mengecek kondisi yang dialami warga. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Sebelumnya, BMKG Bima/ Stamet Sultan Muhammad Salahuddin Bima melalui siaran forecaster on duty mengeluarkan peringatan dini cuaca Kabupaten Bima dan Dompu, Senin,  23 Desember 2019, bahwa pukul 12:10 Wita berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pukul 12:20 Wita di Wawo, Kota Bima, Madapangga, Huu, Donggo, Dompu, Tambora, Kempo, Empang, yang kemudian dapat  meluas ke wilayah  Sanggar, Kilo, Soromandi, Woha, Bolo, Parado, Palibelo, Belo, Lambitu, Ambalawi, Wera, Langgudu, dan sekitarnya. Kondisi diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 15:20 Wita. [US/AD]