Tahun 2020 UMK Kota Bima Naik jadi Rp2.225.000, Pemerintah Ingatkan Pemberi Kerja

Iklan Semua Halaman

.

Tahun 2020 UMK Kota Bima Naik jadi Rp2.225.000, Pemerintah Ingatkan Pemberi Kerja

Kamis, 26 Desember 2019
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima, Ir Hj Rini Indriani saat Menyampaikan Sambutan pada Rakor Ketenagakerjaan di Aula Kantor Wali Kota Bima, Kamis (26/12/2019). Foto US/ Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Dewan Pengupahan Kota Bima menetapkan upah minimum Kota Bima Rp2.225.000 per bulan. Menindaklanjuti itu, Pemerintah Kota Bima mengingatkan badan usaha atau pemberi kerja mengikuti ketentuan pemerintah tersebut.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima, Ir Hj Rini Indriani, berharap, tidak ada lagi pemberi kerja yang memberi upah tenaga kerja hanya Rp200 ribu atau Rp1 juta, namun harus mengikuti standar dan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. Sebagaimana diatur dalam regulasi atau undang-undang.

“Upah minimum menjadi Rp2.225.000 tahun 2020, sudah ditetapkan oleh Dewan Pengupahan,” katanya saat Rakor Ketenagakerjaan tingkat Kota Bima yang digelar di Aula Kantor Wali Kota Bima, Kamis (26/12/2019).

Mantan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima ini juga mengharapkan penetapan upah oleh Dewan Pengupahan menjadi atensi organisasi pengusaha dan perusahaan seperti APINDO.

“Asosisasi tenaga kerja dan para pengusaha, jangan sampai upah 200 ribu, cuma 1 juta. Diperhatikan tenaga kerja,” tandasnya.

Dikatakannya, secara umum Pemkot Bima memiliki program untuk mengatasi pengangguran, dengan mendorong muncul dan tumbuhnya wirausaha baru dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di daerah seperti kopi, bawang merah, daging sapi menjadi produk jadi yang dapat bersaing dengan produk luar daerah. Seraya memanfaatkan dan menyesuaikan perkembangan teknologi seperti digital.

Menurutnya, fokus pemerintah merangsang kreativitas dan kompetensi masyarakat melalui penyiapan bantuan dan pelatihan, sehingga tercipta lapangan kerja baru. “Jadi bukan lagi mencari kerja, tapi menciptakan tenaga kerja,” ujar Umi Rini.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, upah minimum Kota Bima tahun 2019 yang ditetapkan pemerintah melalui Dewan Pengupahan Rp2.050.000. [US]