Tak Hanya Berjiwa Sosial, Brigadir Agus Salim Punya Kepedulian pada Dunia Pendidikan -->

Iklan Semua Halaman

.

Tak Hanya Berjiwa Sosial, Brigadir Agus Salim Punya Kepedulian pada Dunia Pendidikan

Senin, 23 Desember 2019
Brigadir Agus dan puluhan anak yang tinggal di pesisir pantai usai memberikan buku pelajaran di pinggir Pantai Ria. foto ist

Dompu, Berita11.com - Sosok Polisi  Agus Salim ternyata bukan hanya memiliki jiwa sosial yang tinggi. Namun ternyata sosok polisi yang berpangkat Brigadir yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Bakajaya ini juga mempunyai rasa kepedulian serta perhatian kepada dunia pendidikan.

Hal itu terbukti dengan memberikan bantuan buku pelajaran sebanyak 26 lembar kepada anak-anak yang ada di pesisir Pantai Ria Desa Riwo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB, penyerahan buku tersebut diterima oleh anak-anak bertempat di pinggir pantai tersebut, Senin (23/12/2019) pagi.

Brigadir Agus Salim kepada Berita11.com mengatakan, usai melakukan apel pasukan dan pisah sambut Kapolres Dompu ia bergegas menuju pantai ria guna membagikan buku bacaan kepada anak-anak di pelosok, dan buku tersebut dia bawa dari Lombok Timur saat cuti beberapa waktu lalu .

Adapun tujuan utamanya, kata Agus, untuk meningkatkan pengetahuan atau Sumber Daya Alam (SDM) dan membantu anak-anak dalam melaksanakan kurikulum pembelajaran di sekolah tempat mereka menuntut ilmu.

"Tujuan saya berbagi buku bacaan guna mendongkrak semangat anak-anak untuk belajar dengan maksimal dan saya melihat kondisi dunia pendidikan sangat memprihatinkan," ujar Agus.

Menurut Agus, beberapa waktu lalu, dirinya pernah jalan-jalan ketempat itu dan melihat situasi sekitar pantai akhirnya Agus menemukan anak-anak tidak masuk sekolah dipagi hari pada hal saat itu keadaan sedang aktif belajar, ketika Agus bertanya terhadap salah satu peserta didik, mereka menjawab tidak ada guru yang masuk.

"Disinilah saya merasa sedih dengan melihat kondisinya karena ketika negara mengharapkan kesetaraan pendidikan dan ingin memajukan SDM yang unggul, namun ternyata di pelosok-pelosok masih ditemukan hal-hal seperti itu," beber Agus.

Tak hanya buku bacaan saja, Agus menambahkan, pembagian itu disertai dengan permen. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kedekatan serta kecintaan Polri kepada anak-anak, begitu juga dengan anak-anak itu sendiri merasa senang dan bahagia.

"Alhamdulillah, anak-anak di sini sangat-sangat antusias menerima buku-buku ini dengan disertai pembagian permen supaya mereka lebih senang dan tidak takut lagi dengan polisi," ungkap polisi yang dikenal baik hati ini.

Agus menyebutkan, dirinya tidak berputus asa untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama khusus anak-anak di pelosok desa dengan terus membagikan buku-buku teks pelajaran kepada anak-anak.

"Kedepan saya ingin lebih banyak lagi berbagi buku seperti ini ke pelosok-pelosok wilayah dompu dengan harapan untuk meningkatkan minat baca dan SDM yang unggul," harapan Agus. [RIS]