Upacara HUT ke-71 Infanteri TNI AD di Dompu Berlangsung Khidmat -->

Iklan Semua Halaman

.

Upacara HUT ke-71 Infanteri TNI AD di Dompu Berlangsung Khidmat

Thursday, December 19, 2019
Upacara HUT ke-71 Infanteri TNI AD yang Berlangung di Lapangan Beringin Kabupaten Dompu NTB. Foto RIS/ Berita11.com

Dompu, Berita11.com - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 tahun 2019, Infanteri TNI AD lingkup Korem 162/Wira Bhakti yang digelar di Lapangan Beringin Kabupaten Dompu berlangsung khidmat, Kamis (19/12/2019) pagi.

Pada kesempatan ini, turut hadir Bupati Dompu, Drs H Bambang M. Yasin, Wakil Bupati  Dompu, Arifuddin SH, Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Andi Bakhtiar, A.Md. Par, Danrem 162/WB, Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH, M.Han, dan Pamen Mabes AD Kolonel Inf Piek Budiyanto.

Hadir pula pada upacara ini, Forkompinda Kabupaten Dompu, Dandim 
1614/Dompu, Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom, Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf CZI Pratiwanto,  Dandim 1615/Lotim,  Letkol Inf Agus Prihanto Doni, dan Dandim 1606/Lobar, Kolonel CZI Efrijol Kroll, dan para perwira lainnya.

Pejabat lingkup Pemkab Dompu, Staf Ahli Bupati Dompu, Kepala OPD, Kabag lingkup Setda Dompu, serta para Pejabat Eselon III dan IV lainnya. Kemudian, dari unsur organisasi sosial kemasyarakatan di antaranya, ketua dan pengurus TP  PKK, pengurus Dharma Wanita Kabupaten Dompu, pengurus dan anggota Persit Kartika Candra Kirana.

Peserta upacara terdiri dari pasukan Kodim Dompu, Kodim Bima, Kodim Sumbawa, Kodim Sumbawa Barat, Batalion Infanteri 742/SWY, Korsik Ajenrem 162/WB, Brimob, Pol PP, Dishub, dan Pramuka.

Bertindak sebagai inspektur  upacara,  Danrem 
162/WB, Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH, M.Han, komandan upacara, Danyonif, Letkol Inf I Gde Putu Swardana.

Pengucap Sapta Marga, Letda Inf Kaisar dari kesatuan Yonif 
742/SWY, Danton Yudhawastu Pramuka Jaya Terakhir, Letda Inf Ahmad Faisal, pembaca doa, Kasi Pendidikan Diniah dan Ponpes, Kemenag Kabupaten Dompu, Drs H Hasaruddin, M.Pd.

Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdani dalam amanatnya menyampaikan sambutan Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri, Mayjen TNI, Teguh Podjo Rumekso.


Dikatakannya, bahwa salah satu dari peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi Agresi II Belanda pada 19 Desember tahun 1948 silam.

"Di mana pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Sudirman, mengeluarkan Perintah Kilat Nomor: 1/PB/
1948 dan menjalankan Perintah Siasat Nomor: 1/1948 tanggal 12 Juni 1948, dengan melaksanakan perang rakyat semesta," katanya.

"Pasukan yang hijrah melaksanakan aksi long march kembali ke wilayah tugas masing-masing dan membentuk welhrense (kantong-kantong kekuatan, sebagai titik kuat pertempuran gerilya," sambung Danrem, Ahmad Rizal Ramdani.

Dari peristiwa itu, lanjut Ahmad Rizal Ramdani, TNI AD mendapat nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Sudirman.

"Nilai kejuangan, profesionalisme, keprajuritan dan sifat penting mengenal serta nilai kemanunggalan TNI dan Rakyat, yang harus selalu terpatri dalam jiwa," urainya.

Menurut Ahmad Rizal Ramdani, sikap dan tindakan setiap prajurit infanteri sesuai dengan tema yang diusung dalam momentum HUT ke-71 tahun 2019 Infanteri TNI AD, 
yakni "Bersama Rakyat Infanteri Kuat".

Danrem 
menjelaskan, tantangan tugas jajaran Infanteri TNI AD ke depannya akan semakin kompleks serta dinamis, respons dalam menyikapi hal tersebut akan direalisasikan secara bertahap. 


"Dengan melakukan transformasi dan modernisasi alutsista Infanteri guna memberikan hal baru dan Dirgahayu Infanteri TNI AD,"  ucapnya.

Pada saat upacara berlangsung, Bupati Dompu, Drs H Bambang M. Yasin tampak menggunakan seragam TNI. Hal itu menjadi ikon dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan prajurit TNI yang mengikuti upacara.

Bupati HBY  mendapingi Danrem 
162/WB saat diwawancarai sejumlah awak media diangkat dan dielu-elukan oleh sejumlah prajurit Infanteri TNI AD.

Hal itu tentu menjadi kebanggaan dan pengalaman yang sangat membahagiakan bagi diri orang nomor satu yang memimpin Bumi Nggahi Rawi Pahu ini dan masyarakat di Kabupaten Dompu.

Setelah acara arakan-arakan, Bupati Dompu, HBY kepada awak media menjelaskan, selain merasakan pengalaman yang cukup luar biasa itu, dirinya juga merasa bangga. Apalagi dengan ditunjuknya daerah yang ia pimpin menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan upacara HUT Infanteri TNI AD.

"Saya merasa senang dan bangga, apalagi pelaksanaan upacara HUT ke-71 Infanteri TNI AD
, Kabupaten Dompu ditunjuk menjadi tuan rumah," ungkapnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan upacara HUT ke-71 tahun 2019 Infanteri TNI AD  
lingkup Korem 162/WB, diakhiri pemeriksaan senjata, gelar seni budaya, hiburan dan penyerahan sertifikat lapangan menembak Kodim 1614/Dompu.

Penyerahan itu diberikan Bupati HBY kepada Danrem 
162/WB, Kolonel Inf Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos. SH, M.Han. [RIS]