6.639 Peserta di Kabupaten Dompu Ikut Tes CPNS

Iklan Semua Halaman

.

6.639 Peserta di Kabupaten Dompu Ikut Tes CPNS

Kamis, 30 Januari 2020
Saat pelaksanaan tes CPNS dalam sesi pertama. Foto Poris Berita11.com

Dompu, Berita11.com - Sebanyak 6.639 peserta mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Dompu secara bertahap, dimulai Senin (30/1) hingga (7/2/20) mendatang, yang digelar di Gedung belakang SMKN 1 Dompu.

Peleksanaan TKD terdiri dari tiga komponen materi tes diantaranya, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 30 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) 35 soal dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. Jadi total jumlah soal yang harus dikerjakan para peserta sebanyak 100 soal dalam waktu 90 menit.

Salah satu anggota panitia seleksi daerah, yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Pengambangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Kabupaten Dompu Ruslan mengatakan, ribuan peserta yang mengikuti tes CPNS ini sebelumnya telah dilakukan seleksi tahap awal sehingga dikatakan memenuhi syarat (MS) sementara kuota yang dibutuhkan sebanyak 249 orang.

“Jumalah peserta yang MS sebanyak 6.639 orang, peserta ini yang berhak mengikuti tes selama sembilan hari, kuota yang dibutuhkan untuk Kabupaten Dompu sebanyak 249 yang terdiri dari tiga formasi antara lain, tenaga guru sebanyak 120 orang, tenaga kesehatan 123 orang dan teknis lainnya sebanyak 26 orang,” ungkap kepala BKD dan PSDM Kabupaten Dompu ini.

Ruslan menjelaskan, pelaksanaan tes CPNS tiap harinya sebanyak lima sesi, kecuali di hari pendek yakni hari Jumat, akan dikurangi satu sesi menjadi empat sesi saja. Untuk hari pertama ini berhubung ada kendala tekhnis hingga kurang lebih tiga jam. Sehingga lima sesi di hari pertama ini diperkirakan sampai malam.  

“Untuk hari pertama ini ada lima sesi, tapi tadi ada kendala kemungkinan sampai malam, begitu juga hari-hari seterusnya ada lima sesi kecuali hari Jumat empat sesi saja,” jelasnya.

Pantauan Berita11.com, peserta terlebih dahulu datang ke meja registrasi untuk presensi dan mendapat PIN dari tim panselnas, kemudian peserta tidak boleh membawa barang saat ujian, seperti tas, buku dan catatan-catatan lainnya, kalkulator, telepon seluler, kamera, jam tangan, alat tulis, ikat pinggang, makanan minuman apalagi senjata api atau senjata tajam.

Namun sebelumnya, peserta yang lolos atau MS untuk ikut tes CPNS, sebelum mendatangi meja registrasi, terlebih dahulu dilakukan sweeping oleh anggota Kepolisian Resor Dompu. [RIS]