Asah Kemampuan PKTI Pelajar, LPPM STKIP Taman Siswa Bima Dampingi Siswa dan Guru

Iklan Semua Halaman

.

Asah Kemampuan PKTI Pelajar, LPPM STKIP Taman Siswa Bima Dampingi Siswa dan Guru

Senin, 13 Januari 2020
Suasana Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah yang Digelar LPPM STKIP Taman Siswa Bima di MAN 1 Bima, Minggu (12/1/2020)

Bima, Berita11.com— Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima mendorong kemampuan pelajar di Kabupaten Bima, penulisan karya tulis ilmiah (PKTI).

Pada Minggu (12/1/2020), tim LPPM STKIP Taman Siswa Bima mendampingi 30  siswa dan guru pembimbing dari SMA, MA dan SMK se-Kecamatan Bolo. Kegiatan digelar di MAN 1 Bima.

Ketua pelaksana dari LPPM STKIP Taman Siswa Bima, Arif Hidayat menjelaskan, pelatihan ini bertujuan mengasah kemampuan siswa, khususnya siswa SMA sederajat dalam membuat karya tulis ilmiah. Output yang diharapkan para siswa tersebut mampu bersaing dalam lomba karya tulis setiap tahun yang sering diadakan sejumlah pihak.

Arif menyebut, selain dirinya, tim dosen STKIP Taman Siswa yang turut mendampingi siswa dan guru pembimbing pada pelatihan tersebut Zulharman, M.Ling dan Nurnaningsih,M.Pd. “Kami memberikan pelatihan karya tulis ilmiah kepada perwakilan SMA, MA dan SMK se-Kecamatan Bolo. Sedikitnya 30 orang siswa dan 10 guru pembimbing dari perwakilan SMA,MA, SMK se-Kecamatan Bolo,”  ujar Arif Hidayat.

Dikatakannya, sejumlah materi yang dipaparkan pada pelatihan tersebut  di antaranya kiat menulis ilmiah yang disampaikan Zulharman, M.Ling. Kiat memilih judul dan masalah penelitian yang disampaikan Nurnaningsih, M.Pd.  “Materi metode penelitian oleh saya,” ujarnya.

Kepala MAN 1 Bima, Muhammad Amin mengapresiasi kegiatan yang digelar LPPM STKIP Taman Siswa Bima. “Kepala sekolah menyampaikan ucapan terima kasih pada tim yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan ini.  Harapannya, semoga ke depan kegiatan seperti ini sering dilaksanakan,” kata Arif mengutip kepala MAN 1 Bima.

Secara terpisah, Ketua LPPM STKIP Taman Siswa, Anisah, M.Pd mengatakan, Januari 2020 LPPM setempat mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Lomba terdiri  dari tiga ketogiri yaitu untuk siswa, guru dan mahasiswa.

“Oleh karena itu bagi peserta kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah di MAN 1 Bima agar semuanya mengikuti lomba tersebut sehingga pelatihan yang diikuti langsung dipraktikkan hasilnya,” katanya.

Adapun Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si mengatakan, kampus setempat selalu berkomitmen melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Antara lain yang menjadi tekad, pelatihan bagi siswa di sekolah. 

“Apalagi kampus STKIP Tamsis berlatar belakang pendidikan. Oleh karena itu, ke depan akan ditingkatkan sinergi antara sekolah dan kami,” katanya.


Peserta pelatihan antusias mengikuti penulisan karya ilmiah yang digelar di MAN 1 Bima. pada akhir kegiatan  salah satu pelajar, Nia menyampaikan apresiasi. Ia berharap serupa terus dilaksanakan. [RD]