Bupati Dompu Pimpin Rakor Kesiapan Penanggulangan Bencana -->

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Dompu Pimpin Rakor Kesiapan Penanggulangan Bencana

Wednesday, January 29, 2020
Rakor Kesiapsiagaan penanggulangan bencana di ruang rapat Bupati Dompu yang dipimpin Bupati Drs. H. Bambang M. Yasin. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Mantapkan dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan rapat koordinasi (Rakor), yang telah berlangsung di ruang rapat Bupati Dompu, Rabu (29/01/2020).

Rakor yang dimulai sekira pukul 08.30 hingga selesai itu dipimpin Bupati Dompu Drs. H Bambang M Yasin (HBY), dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Hairuddin, SH, Kepala BPBD, Jufri, ST, MT bersama jajarannya, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah, Muhammad Iksan, S.ST., MM dan Camat  Se-Kabupaten Dompu.

Dalam arahannya Bupati Dompu HBY menyampaikan hal penting bahwa dengan situasi dan kondisi jarangnya intensitas hujan saat ini. “Kita semua perlu mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah untuk melayani dan meringankan berbagai beban yang dialaminya di berbagai situasi dan kondisi,” ungkap HBY.

Saat ini, lanjuit HBY, kita semua sedang diuji oleh Allah SWT, dengan  intensitas hujan yang kurang, dengan demikian perlu upaya-upaya konkrit dari BPBD dan instansi teknis lainnya dalam mengantisipasi hal tersebut.

“Terutama bagi masyarakat yang mengalami kekurangan air, baik untuk keperluan rumah tangga ataupun untuk keperluan lahan pertaniannya, dengan mendistribusikan bantuan air  bagi keperluan dimaksud, apakah dengan sumur bor, pompa air atau lainnya,” jelas HBY.

Untuk dapat menanggulangi bencana lebih awal, HBY menyarankan, untuk membantu tim penanggulangan bencana di tingkat Kabupaten, agar di setiap Desa atau Kelurahan dapat dibentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

“Tim ini secara dini akan siapsiaga dalam menangani bencana sehingga tidak lambat dalam penanganannya,” ungkap HBY.

Sementara, Kepala DPMPD Hairuddin, SH, pada kesempatan ini memberikan apresiasi yang baik terhadap pelaksanaan rapat koordinasi dimaksud.

“Rakor ini menjadi media untuk menyatukan persepsi bagi semua pihak dalam hal kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang terjadi,” ucap Kepala DPMPD. [RIS/ADV]