Danramil Bolo dan Anggota Koramil 1608-02 Berhasil Amankan 80 Batang Sonokeling hasil Illegal Logging -->

Iklan Semua Halaman

.

Danramil Bolo dan Anggota Koramil 1608-02 Berhasil Amankan 80 Batang Sonokeling hasil Illegal Logging

Saturday, January 18, 2020
Danramil Bolo, Kapten Inf. Ibrahim Memimpin Pengamanan Barang Bukti Kayu Gelondongan Hasil Kejahatan Illegal Logging di So Tuda Laju Desa Mpuri Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, Sabtu (18/1/2020).

Bima, Berita11.com— Komandan Koramil (Danramil) Bolo, Kapten Inf. Ibrahim bersama anggota Koramil 1608-02/ Bolo berhasil mengamankan 80 batang sonokeling hasil kejahatan illegal logging di So Tuda Laju Desa Mpuri Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, yang diduga masuk dalam kawasan hutan tutupan negara, Sabtu (18/1/2020).

Puluhan kayu sonokeling yang diamankan berdiameter 10x10 cm, dengan panjang 180 centimeter. 80 batas kayu tersebut diamankan di watasan lahan pertanian warga.

Danramil Bolo, Kapten Inf. Ibrahim menjelaskan, pengamanakan puluhan kayu tersebut berawal dari kegiatan Babinsa Mpuri Kecamatan Madapngga Kabupaten Bima, Serda Fatahullah yang melaksanakan  pengontrolan lahan pertanian, sekira pukul 08.00 Wita.
Saat mengontrol lahan pertanian, Babinsa Mpuri menemukan sejumlah 80 batang kayu glondongan  jenis sonokli  180 cm dan diameter 10x10 cm di lokasi yang berbeda. Yaitu sepanjang Jalan Tani Desa Mpuri Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima.

“Kayu-kayu tersebut diduga merupakan  hasil  penebangan liar atau Ilegal loging oleh masyarakat yang sampai saat belum diketahui siapa pemilik kayu jenis sonokli tersebut,” ujar Kapten Inf. Ibrahmi.


Setelah menemukan kayu tersebut,  Babinsa Desa Mpuri melaporkan penemuan kepada Danramil Bolo Kapten Inf. Ibrahim. Setelah menerima laporan, Danramil Bolo mengerahkan anggota berangkat menuju ke lokasi penemuan kayu.

Saat tiba di lokasi, Danramil Bolo  melihat di sepanjang jalan tani terdapat kayu-kayu yang ditutupi dengan dedaunan yang diambil dari pohon jati dan daun lain, sehingga tidak terlihat oleh masyarakat yang lalu lalang melintas di jalan tersebut

Setelah melihat kondisi tersebut,  Danramil Bolo berkoordinasi dengan pihak KPH Tofo Pajo Soromandi yang selanjutnya mengamankan kayu tersebut untuk dinaikan ke truk. Seluruh kayu temuan tersebut kemudian dinaikan ke atas truk, yang selanjunya barang bukti tersebut diangkut dan diamankan ke Makoramil Bolo. [MR]