Distributor Kembali Tegaskan Pupuk Bersubsidi Dijual Sesuai HET, ini Daftarnya yang harus Diketahui -->

Iklan Semua Halaman

.

Distributor Kembali Tegaskan Pupuk Bersubsidi Dijual Sesuai HET, ini Daftarnya yang harus Diketahui

Sunday, January 19, 2020
Direktur CV Rahmawati, H Ibrahim. Foto US/ Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Direktur CV Rahmawati, H Ibrahim, salah satu distributor pupuk pertanian di wilayah Kabupaten Bima menegaskan, pupuk bersubsidi selalu dijual pihaknya sesuai harga eceran tertinggi (HET). Masyarakat atau petani harus mengetahui ada beberapa jenis pupuk dan harganya berbeda-beda, sehingga diharapkan tidak menggeneralisasi.

“Kami turun lapangan dulu untuk membuktikan kebenaran info ini. Dan jangan juga bahwa Pupuk Kaltim dikatakan pembiaraan dalam harga dan paket, karena belum pasti kebenaran apa yang disampaikan oleh pengecer itu,” katanya Minggu (19/1/2020).

Menurutnya, tidak perlu berpolemik soal masalah pupuk subsidi ke ranah hukum. Karena selama in sudah ada Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) yang bekerja. Jika ditemukan kejanggalan, sudah pasti KP3 akan bekerja sesuai koridor. “KP3 itu Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida, ada timnya,” tandas H Ibrahim.

Diharapkannya, media juga mengecek harga pupuk lain, tak hanya harga urea. “Sedikit-sedikit Pupuk Kaltim (BUMN) disalahkan, pupuk yang lain tidak pernah dipublikasikan,” katanya.

Adapun daftar distributor pupuk bersubsidi PT Pupuk Kaltim di wilayah Kota Bima dan Kabupaten Bima untuk tahun 2020 yaitu:

1. CV. Rahmawati (Direktur H. Ibrahim)

2. CV. Wiratama (Direktur Raodah)

3. CV. Rejeki (Direktur H. Amin)

4. CV. Lawa Mori (Direktur Ibu Nisa)

5. CV. Langgam Tiga (Direktur Umi Yati)

6. CV. Bintang Mas (Direktur Sopian)

Sementara itu, daftar distributor pupuk bersubsidi PT. Petrokimia Gresik wilayah Kota Bima dan Kabupaten Bima tahun 2020, yaitu:

1. CV. Berkah Utama (Direktur Ardian Alis Nou)

2. CV. Mitra Tani (Direktur Candra Anggono)

Jenis-jenis pupuk bersubsidi yang beredar di Kota Bima dan Kabupaten Bima tahun 2020 sesuai harga eceran tertinggi (HET) yaitu:

1. Urea                : 90.000

2. NPK Phonska : 115.000

3. ZA.                  : 70.000

4. SP 36              : 100.000

5. Petroganik       : 25.000



Pupuk petroganik tedapat dua kemasan yaiu 40 Kg/sak dan kemasan 50 Kg. Pupuk Kaltim hanya bertanggung jawab pupuk urea saja, selain itu tanggung jawab Petrokimia. [RD/*]