Idap Penyakit Bocor Jantung, Bocah 5,5 Tahun ini Butuh Bantuan Semua Pihak

Iklan Semua Halaman

.

Idap Penyakit Bocor Jantung, Bocah 5,5 Tahun ini Butuh Bantuan Semua Pihak

Senin, 27 Januari 2020
Bhabinkamtibmas Desa Bakajaya Polsek Woja Brigadir Agus Salim saat kunjungi kediaman Rahmat Hidayat. Foto Ris

Dompu, Berita11.com - Rahmat Hidayat, bocah 5,5 tahun warga Dusun Mpuri Desa Bakajaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu mengidap penyakit bocor jantung sejak lahir. Hingga saat ini, bocah ini hanya bisa terbaring lemah dan sangat membutuhkan bantuan semua pihak.
Putra dari pasangan Burhanudin dan Suryani ini memiliki berat badan kurang lebih 6 Kg dan tubuhnya sangat kecil dan kurus disebabkan pengaruh penyakit yang dideritanya.

Ibu kandung dari Rahmat Hidayat, kepada Berita11.com mengatakan, putranya pernah dibawa ke dokter spesialis yang ada di dompu, kemudian memberitahukan bahwa anaknya mengidap penyakit bocor jantung yang harus dirujuk ke RSUP di Mataram.

"Dokter sarankan untuk rujuk ke Mataram, kami keterbatasan biaya akhirnya anak kami sampai saat ini belum pernah lagi dibawa ke dokter ataupun rumah sakit," ungkap Suryani dengan nada penuh berharap untuk kesembuhan putranya, Senin (27/1/20) pagi.

Bapak dari Rahmat Hidayat, kesehariannya sebagai tukang batu panggilan, sedangkan ibunya setiap hari harus menjaga dan merawat Rahmat Hidayat yang tidak bisa apa apa, apalagi makan pindah dari tempat saja harus dibantu ibunya.

Sementara Bhabinkamtibmas desa setempat Brigadir Agus Salim didampingi Kepala Dusun Mpuri yakni Ismail H Jamaludin saat mendatangi bocah tersebut merasa prihatin dan berniat untuk membantu meringankan beban keluarga yang hidupnya di bawah garis kemiskinan ini.

Agus berencana akan melakukan koordinasi dengan beberapa pihak yang ada di Kabupaten Dompu untuk bersama-sama dan bahu membahu meringankan beban yang dialami keluarga bocah itu.

"Kedepan, saya berencana akan berkoordinasi dengan pihak Yayasan Endri Foundation, Dinas Sosial, Baznas dan Dinas Kesehatan untuk segera membantu pengobatan Rahmat Hidayat, karena penyakit itu sangat berbahaya apalagi dialami seorang anak," ujar Agus.

Menurut Agus, penyakit yang dialami Rahmat Hidayat, sering dijumpai saat bertugas di Lombok Timur, sehingga, membuat dirinya terjun langsung untuk membantu dari proses proses keberangkatannya hingga pengobatan di Rumah Sakit Harapan Kita di Jakarta.

"Yang terpenting adalah kesiapan pihak keluarga untuk mau membawa anaknya untuk berobat. Karena dia juga punya BPJS dan masalah biaya transportasi maupun akomodasi serta konsumsi selama di rumah sakit, Insya Allah saya akan bantu uruskan di Baznas baik di Dompu maupun di Provinsi," ungkap Agus.

Adapun masalah yang dihadapi warga, Agus menambahkan, pihaknya juga berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda), untuk bisa melihat penderitaan yang dialami warga masyarakat, terutama warga yang keterbatasan anggaran untuk pengobatan seperti yang dialami bocah 5,5 tahun ini.

"Saya berharap khusus kepada Pemda, untuk bisa memfasilitasi adek Rahmat Hidayat untuk segera membantu membawanya ke RSUP di Mataram atas rujukan RSUD Dompu, begitu juga dengan yang lainnya yang mengalami penderita penyakit khusus warga yang kurang mampu," harapnya. [RIS]