Indek Kabupaten Dompu Gelar Dialog Publik, Pelatihan Dai dan Khatib Anti Radikalisme

Iklan Semua Halaman

.

Indek Kabupaten Dompu Gelar Dialog Publik, Pelatihan Dai dan Khatib Anti Radikalisme

Jumat, 31 Januari 2020
Dialog publik sedang berlangsung. Foto ist.

Dompu, Berita11.com - Indek Kabupaten Dompu atau Lembaga Riset Pengembangan Konsulting dan Advokasi Kebijakan Pembangunan Dompu menggelar dialog publik dengan mengusung tema "Pelatihan Da'i dan Khotib Anti Radikalisme", Jumat (31/1/20).

Kegiatan yang berlangsung di aula KNPI DPD II Dompu itu dihadirkan narasumber dari Ketua Majelis Ulama Islam (MUI) yakni Dr Abdulah Arsyat dan Ketua Nahdatul Ulama (NU) Drs H. Mokh Nasuhi, M.Si, Dodo Kurniawan SE, ME, sedangkan dari kalangan Akademisi yaitu Dosen tetap STKIP Yapis Dompu dan perwakilan dari Kepolisian Resor Dompu.

Menurut ketua Indek Dompu Ardiansyah, akhir akhir ini banyak kalangan muda mudi sangat banyak menfaforitkan Da'i dan Khotib yang bertausyiah baik di medsos maupun secara langsung.

Untuk itu, Ardiansyah berharap lewat dialog publik itu sebagai salah satu upaya menetralkan cara berfikir kaum muda agar bisa melihat para Da'i dan Khotib yang anti nasionalisme.

"Memang benar belakangan ini kita banyak menyaksikan fenomena Da'i dan Khotib anti nasionalisme yang lebih lebih cara berfikirnya ke arah radikalisme yang sangat besar memecahkan rasa persatuan bangsa," ujarnya Ardiansyah.

"Mengadakan dialog public ini sebagai salah satu upaya saya pribadi dari kalangan muda walaupun sebagian besar anak muda dompu bukan dari kalangan Da'i dan Khotib tapi kita mampu menetralisir racun radikalisme di kalangan masyarakat lewat dialog public ini," sambung ketua Indek.

Kegiatan dialog itu diikuti utusan dari organisasi kemahasiswaan dan organisasi kemasyarakatan juga beberapa LSM yang ada di dompu dengan hikmahnya acara tersebut membuat peserta dialog menyimak dengan seksama materi yang di paparkan narasumber. [RIS]