Jaga Kamtibmas untuk Menunjang Pembangunan dan Program Daerah -->

Iklan Semua Halaman

.

Jaga Kamtibmas untuk Menunjang Pembangunan dan Program Daerah

Rabu, 15 Januari 2020
Mantan Kapolda NTB, Irjen Pol. Nana Sudjana Menyampaikan Sambutan pada Momen Pisah Sambut.

Mataram, Berita11.com— Dalam menjaga kemananan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar lebih mengedepankan upaya-upaya pencegahan dari setiap potensi persoalan yang ada. Beberapa permasalahan yang menjadi perhatian yaitu terkait masalah potensi konflik, di antatanya  konflik sosial yang memang kerap terjadi di NTB.

Harapan tersebut disampaikan mantan Kapolda NTB, Drs. Irjen Pol. Nana Sudjana, MM saat pisah sambut Kapolda NTB di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Senin (13/1/2020) malam.

Menurutnya, NTB  sebagai daerah wisata superprioritas di Indonesia sedang menyiapkan event internasional MotorGP tahun 2021 di KEK Mandalika dan event internasional lain, sehingga menjaga Kamtibmas sebaik mungkin, juga mendukung program unggulan pemerintah dalam membangun daerah demi kesejahteraan masyarakat. 

“Saya kedepankan silaturahmi dan menjaga hubungan sosial. Anggota itu harus sering berada di lapangan daripada dia lebih banyak di kantor dalam rangka memberikan pencerahan kepada masyarakat dan teman,” ungkap Nana.

Hal tersebut juga disampaikannya sebagai pesan bagi penggantinya,  Irjen Pol. Drs. Tomsi Tohir, M. Si.

Dikatakannya, kondusifitas NTB merupakan upaya bersama dengan TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Khusunya juga Pemerintah Provinsi NTB dan pemerintah di tingkat kabupaten dan kota.

“Selama saya menjabat sebagai Kapolda NTB, tidak ada kasus-kasus yang menonjol yang kemudian menjadi berita nasional,” ujarnya di hadapan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflikansyah beserta istri, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., M. Sc dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah serta seluruh undangan yang hadir.

Sementara, Kapolda NTB, Irjen Pol. Drs. Tomsi Tohir, M. Si mengisyaratkan, solidaritas, kerja sama dan silaturahmi seperti yang dilakukan mantan Kapolda Nana Sudjana, akan terus ditingkatkan. Sebab menurutnya, tradisi baik itu harus dilakukan untuk mencapai kemajuan di NTB.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah.
Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc mengatakan bahwa Kapolda NTB dari sekarang hingga berikutnya adalah putra-putra pilihan yang bukan hanya mampu menggetarkan provinsi ini. Tetapi juga mampu mengguncang Indonesia, bahkan mengubah wajah dunia di masa yang akan datang.

Gubernur juga menceritakan, ketika awal memimpin NTB,  ia bertemu dengan seorang pedande di Lombok Barat. Padende itu lanjutnya, berpesan kepadanya bahwa NTB ini bukan tempat biasa.

“NTB ini adalah tempat di mana pasak bumi tertua itu ada di sini. Ada Tambora, ada Rinjani,” kata pria asal Sumbawa ini.

Sehingga, lanjutnya, ketika Gunung Tambora harus menumpahkan isinya bukan hanya menggetarkan provinsi ini, tapi juga menggetarkan Indonesia bahkan mengantarkan dan mengubah wajah seluruh dunia. Konon Rinjani juga, jauh sebelum Tambora, letusannya tidak kalah hebatnya.

“Saya tidak terkejut ketika mendengar Kapolda NTB akan menjadi Kapolda Metro Jaya. Sama halnya Tambora, Kapolda NTB adalah putra pilihan,” ungkap Bang Zul dengan penuh semangat.


Bang Zul menyampaikan selamat kepada Nana Sudjana yang akan memimpin Polda Metro Jaya. Sembari mendoakan semoga sukses dalam menjalankan tugasnya yang baru di Ibukota. Ia juga menyampaikan selamat datang kepada Kapolda baru NTB. Ia yakin Kapolda kelahiran Lampung itu akan sukses di NTB, merasa nyaman dan penuh kekeluargaan.

Adapun Kapolda NTB, Irjen Pol. Drs. Tomsi Tohir, M. Si mengaku terkesan dengan penyambutan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah saat kedatangannya di NTB. Saat mendarat di Bandara Internasional Lombok (BIL) beberapa hari lalu, jenderal bintang dua kelahiran Lampung itu merasa tersanjung dan terharu.

Suasana Ramah Tamah, Pisah Sambut Kapolda NTB di Hotel Lombok Raya, Senin (13/1/2020) lalu.

"Memang auranya sudah terasa ketika mendarat, ada pak gubernur dan seluruh teman-teman lain yang hadir menyambut. Saya sangat berterima kasih, saya sangat terharu dan kami merasakan kekeluargaannya,” ungkap mantan Kapolda Banten ini. [EM]