KBRI Malaysia Ajak PPI UPSI Bantu Pendidikan Bagi Anak WNI di Tanjong Malim

Iklan Semua Halaman

.

KBRI Malaysia Ajak PPI UPSI Bantu Pendidikan Bagi Anak WNI di Tanjong Malim

Minggu, 12 Januari 2020
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Malaysia, Mokhammad Farid Maruf. 

Malaysia, Berita11.com— Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Malaysia, Mokhammad Farid Maruf mengajak Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pendidikan untuk anak-anak Warga Negara Indonesia (WNI) di Tanjong Malim dan wilayah sekitar.

Harapan itu disampaikan Farid pada kegiatan sosialisasi KBRI di TanjongMalim, Perak, Malaysia  pada Minggu, (12/1/2020).

Menurut Farid, pendidikan hal wajib yang harus dilaksanakan dan difasilitasi oleh Negara sesuai yang diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia tahun 1945.

“Sesuai yang diamanatkan oleh UUD 1945, dalam mencerdaskan kehidupan bangsa pendidikan, itu wajib untuk dilaksanakan terutama untuk anak usia 7-18 tahun, oleh karena itu kami sebagai perwakilan Pemerintah Republik Indonesia di Malaysia memiliki tanggung jawab untuk hal tersebut,” kata Farid.

Dalam mewujudkan rencana tersebut, Farid mengajak PPI UPSI untuk ikut membantu. “Saya mengajak PPI UPSI karena sebagian besar Anggota PPI UPSI ini adalah pengajar. Selain itu, PPI UPSI berada di wilayah Tanjong Malim, oleh karena itu sangat memungkinkan program ini dapat berjalan sesuai dengan harapan,” katanya.

Farid mengatakan, sejauh ini pihaknya terlebih dahulu mengupayakan pendidikan dasar untuk anak WNI di Tanjong Malim, kemudian untuk tingkat selanjutnya akan dilaksnakan setelah program tersebut dijalankan.

“Agar program ini berjalan sesuai rencana, kami berharap kepada WNI yang memiliki anak usia sekolah dasar untuk bekerja sama dan turut membantu, karena kegiatan ini tidak akan jalan ketika tidak saling mendukung,” ujar Farid.

Sementara itu, Ketua PPI UPSI, Shaleh Afif Angga Mushawwir menjelaskan, PPI UPSI sangat mendukung dan siap membantu sebagai tenaga pengajar untuk kegiatan KBRI Malaysia.

“Kami dari PPI UPSI sangat siap untuk membantu menjadi tenaga pengajar bagi anak-anak WNI di sekitaran Tanjong Malim,” demikian Angga-sapaan akrab Ketua PPI UPSI. [JS]