Kepala UPTD Pasar Dompu dan Tim Gabungan Lakukan Penertiban Pedagang dan Kebersihan -->

Iklan Semua Halaman

.

Kepala UPTD Pasar Dompu dan Tim Gabungan Lakukan Penertiban Pedagang dan Kebersihan

Wednesday, January 22, 2020
Kepala UPTD Pasar Dompu Muzakir Akbar dan Tim Gabungan yang terdiri dari Babinsa 1614-01 Sersan Satu Hermansyah dan Sat Pol. PP saat melakukan aksi penertiban pedagang di kompleks pasar atas dompu. Foto Poris Berita11.com.

Dompu, Berita11.com - Kepala UPTD Pasar Dompu, Muzakir Akbar bersinergi dengan Tim gabungan yang terdiri dari unsur Babinsa 1614-01, Kecamatan Dompu, Sersan Satu, Hermansyah serta Sat Pol PP Pemerintah Daerah, Rabu (22/1/20) pagi hingga siang hari melakukan aksi penertiban pedagang.

Adapun sasaran dalam aksi itu yakni para pedagang yang menggelar dagangannya tidak pada tempat semestinya, selain itu, pedagang yang menggunakan karung yang dapat mengotori wilayah pasar akan diberikan teguran dan tindakan langsung oleh aparat gabungan serta memberikan himbauan.

Pantauan Berita11.com, Muzakir Akbar yang memimpin operasi penertiban itu, tak hanya memberikan teguran namun dengan membongkar dinding penjual yang menggunakan karung atau baliho.

“Sasarannya, para pedagang yang menggunakan tenda karung, kami akan membongkar sekaligus memberikan sosialisasi untuk mengganti tedanya menggunakan kain, dengan tujuan agar kelihatan rapi,” kata Muzakir pada Berita11,com di Lokasi Kompleks pasar atas dompu.

Operasi penertiban, kepada wartawan Muzakir menjelaskan, bakal dilakukan setiap hari demi terciptanya suasana suasana pasar yang bersih, indah, nyaman dan juga damai. Hal itu juga dilakukan agar pengunjung pasar tidak merasa terganggu.

“Pasar ini sudah ada UPTD sendiri, otomatis setiap hari kami akan melakukan pemantauan, dan penertiban, terutama dari sisi kebersihan,” jelas Kepala UPTD Pasar.

Penertiban itu juga, menurut Muzakir, tentu butuh uluran tangan dari pemerintah setempat seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar sampah yang berseraka tidak menimbulkan bauh sehingga dapat mengakibatkan penyakit baik para pedagang itu sendiri maupun para pengunjung pasar.

“Di sisi kebersihan, kami juga butuh sinergi dari teman-teman instansi terkait, seperti DLH, karena kotoran pasar beda dengan kotoran di luar, kotoran dipasar ini bauhnya, bauh busuk, jadi harapan saya dinas terkait lebih meningkatkan lagi untuk membersihkan kotoran di pasar,” harapnya.

Dalam waktu bersamaan, Babinsa Kelurahan Bada Hermansyah, kepada Berita11.com mengatakan, penertiban dan pemantauan dilakukan bukan pada saat itu saja, tetapi setiap hari mulai pagi hingga malam tetap berupaya untuk melakukan pemantauan, apalagi pasar adalah tempat keramaian yang berbagai macam kejadian atau aktifitas baik dan buruk.

“Saya selaku koordinator secury pasar dan selaku Babinsa Kelurahan Bada, karena pasar ini masuk pada Kelurahan Bada, merupakan tugas dan tanggung jawab kami, untuk itu, pasar adalah wilayah pusat perbelanjaan, tentu sering terjadi aktifitas baik negatif maupun positif, jadi setiap hari mulai pagi hingga malam, tetap melakukan pemantauan dan penertiban,” kata Hermansyah. [RIS]