Komandan Kodim 1608/Bima Berganti, ini Wejangan Danrem untuk Pejabat Baru

Iklan Semua Halaman

.

Komandan Kodim 1608/Bima Berganti, ini Wejangan Danrem untuk Pejabat Baru

Kamis, 02 Januari 2020
Serah Terima Tongkat Komando Dandim 1608/ Bima kepada Pejabat Baru yang Berlangsung di Aula Makorem 162/ WB, di Mataram, Kamis (2/1/2020). Dok. Penerangan Korem 162/WB 

Mataram, Berita11.com— Posisi Komandan 1608/ Bima resmi berganti dari Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra, kepada Letkol Inf. Teuku Mustafa Kamal. Menandai pergantian tersebut, Korem 162/WB menggelar acara tradisi penerimaan dan pindah satuan perwira menengah (Pamen) jajaran Korem 162/WB, di aula Makorem setempat, Kamis (2/1/2020).

Kepada Pamen atau pejabat baru Dandim 1608/ Bima,  Danrem 162/WB, Kolonel Czi H. Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH., M.Han menyampaikan sejumlah pesan di antaranya, mengingatkan bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi di Bima yaitu rusaknya kawasan hutan akibat perambahan hutan (illegal logging). Kondisi rusaknya hutan di Bima mengkuatirkan.

“Untuk itu, saya berharap kepada Dandim Bima yang baru dapat memperbaiki kondisi hutan, dan dengan aparat terkait lainnya dapat menghentikan aktivitas illegal logging di wilayah Kabupaten Bima,” tandas Danrem 162/WB.

Danrem juga menyampaikan, selain rusaknya kawasan hutan akibat illegal logging, hal lain yang juga perlu menjadi perhatian yaitu masalah keamanan. Oleh sebab itu, dia meminta Dandim baru meningkatkan kerja sama dengan aparat terkait dan seluruh komponen masyarakat.

Selain itu, meminta Dandim baru membangun dialog dan melakukan interaksi, serta komunikasi secara cerdas dan santun dengan semua lapisan masyarakat, sehingga terwujud kinerja yang sinergi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

Menurut Danrem, mutasi jabatan dalam setiap organisasi adalah lumrah. “Pergantian jabatan merupakan bagian dari sebuah proses pengambilan keputusan yang strategis yang didasari dengan pertimbangan yang matang oleh pimpinan dari berbagai aspek,” katanya.

Perwira kelahiran Jakarta ini, juga mengingatkan Pamen yang dimutasi maupun mendapatkan jabatan baru, bahwa yang diperoleh merupakan bagian dari perjalanan karir para perwira yang harus dilalui. Karena serah terima jabatan dalam tubuh TNI AD akan selalu terjadi. Secara normatif, selain untuk kepentingan pembinaan personil dan organisasi, juga untuk menjaga kesinambungan dan penyegaran kepemimpinan.


“Apapun jabatan yang kita sandang saat ini merupakan sebuah kepercayaan, sekaligus amanah yang harus dijaga dan dipertanggungjawabkan nantinya kehadapan Tuhan yang Maha Kuasa,” katanya.

Adapun pejabat Korem 162/WB yang serah terima jabatan dan mutasi antara lain Komandan Kodim 1608/Bima dari Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra, kepada Letnan Kolonel Inf Teuku Mustafa Kamal. Pamen yang pindah satuan yaitu Mayor Inf I Nyoman Dirga, S.H,  Mayor Inf Jalal Bin Saleh, Mayor Inf I Made Darma Aksara, S.H, Mayor Inf Abdul Haris, S.H.,M.H, Mayor Inf Hery Mujiono, Mayor Inf Januardi, Mayor Inf Raden Sugondo, Mayor Inf Mohammad Sutopo dan Mayor  Inf Huwary, S.T.

Hadir dalam acara tersebut Kasrem 162/WB, Letkol Inf Endarwan Yansori, Dandim jajaran Korem 162/WB, para Kasi Korem 162/WB, Danyonif 742/SWY, Dan/Ka/Pa Satdisjan jajaran Korem 162/WB, Ketua Persit KCK Koorcabrem 162 beserta pengurus, para perwira, perwakilan bintara, tamtama serta pegawai negeri sipil. [MR]