KPU Dompu Musnahkan Dokumen Bekas Seleksi Calon PPK dan PPS

Iklan Semua Halaman

.

KPU Dompu Musnahkan Dokumen Bekas Seleksi Calon PPK dan PPS

Rabu, 29 Januari 2020
Pemusnahan dokumen bekas tes seleksi calon anggota PPK dan PPS. Foto ist
Dompu, Berita11.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, memusnahkan dokumen bekas atau soal yang rusak dalam seleksi tertulis perekrutan peserta calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Rabu (29/01/2019) siang.

Pemusnahan dokumen bekas itu dilakukan di halaman depan kantor KPU setempat dengan cara membakar dan disaksikan Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Drs. Irwan, beserta unsur pihak Kepolisian Resor Dompu.

Ketua KPU Dompu, Drs. Arifuddin mengatakan, Pemusnahan dokumen bekas yang sudah terpakai itu, dilakukan agar terhindar terjadinya kebocoran soal dalam tes atau perekrutan anggota baru yang akan datang.

"Kita musnahkan berkas yang cacat dan berkas kesalahan copy, dan semua kita dikumpulkan, kemudian kita musnahkan dan dibuatkan berita acaranya," kata ketua KPU.

Arifuddin menjelaskan, saol untuk tes perekrutan anggota PPK dan PPS dibuat atau disusun oleh KPU Kabupaten atau Kota, hal itu berdasarkan peraturan KPU.

"Kemarin kita sudah buatkan soalnya, tapi so file dan hak copy-nya kita segel baru diserahkan ke Ketua Pokja," jelas Arifuddin

Menurut Arifuddin, sebanyak 178 peserta yang terdaftar akan dilakukan seleksi, dan seleksi tahap awal telah dilakukan dengan kelengkapan administrasi

Pada saat seleksi kelengkapan administrasi, kata dia, terdapat tujuh orang yang gugur, sedangkan yang tersisa 171 orang masih dilakukan seleksi lebih lanjut melalui seleksi tertulis hingga dibutuhkan 40 orang saja.

"Untuk seleksi tertulisnya akan dilakukan besok (Kamis 30/01)" pungkas Arifuddin. [RIS]