Luar Biasa, Bhabinkamtibmas Bakajaya Rangkap Jadi Guru Ngaji -->

Iklan Semua Halaman

.

Luar Biasa, Bhabinkamtibmas Bakajaya Rangkap Jadi Guru Ngaji

Monday, January 20, 2020
Brigadir Agus Salim saat memberikan pesan Kamtibmas. Foto ist
Dompu, Berita11.com - Sungguh luar biasa apa yang dilakukan Brigadir Agus Salim. Sosok polisi yang bertugas di Polsek Woja Polres Dompu sebagai Bhabinkamtibmas Desa Bakajaya merangkap menjadi guru ngaji di salah satu Masjid yang ada di Dusun Amamaka.

Selain mengajar ngaji, pria yang dikenal berhati mulia ini juga menyalurkan bantuan berupa buku-buku pengajian seperti buku Iqro sebanyak 15 lembar, buku Tahfiz Al-Qur'an lima lembar, kemudian Buku Do'a dan Zikir lima lembar dan buku panduan cara mengerjakan shalat sebanyak lima lembar, Selasa (20/1/20) sore, sekira pukul 17.00 Wita.

Agus Salim kepada Berita11.com mengatakan, munculnya keinginan untuk menjadi guru ngaji berawal saat dirinya melakukan pantauan sehingga diketahui bahwa di tempat itu anak-anak masih minim cara membaca Al-Qur'an sehingga punya inisiatif untuk membagikan buku sekaligus mengajar anak-anak di dusun itu.

"Beberapa hari terakhir saya memantau kegiatan belajar ngaji anak-anak di dusun itu, dan ternyata mereka tidak mempunyai Al Qur'an dan Iqro untuk belajar sehingga saya punya inisiatif untuk membagikan anak-anak ini Iqro dan Qur'an supaya dengan harapan agar mereka lebih giat lagi belajar," tuturnya.
Usai menyerahkan buku Iqro buat anak-anak di Dusun Amamaka. Foto ist
Agus menjelaskan, sekira pukul 18.20 Wita usai mengajar ngaji dilanjutkan dengan shalat secara berjamaah dengan anak-anak beserta tokoh agama yang ada di dusun tersebut.

"Usai shalat magrib berjamaah dengan anak-anak yang berjumlah kurang lebih 35 orang, ada juga beberapa orang dari tokoh agama dan tokoh masyakat, kemudian dilanjutkan dengan pembagian Iqro dan buku lainnya, begitu juga dengan shalat isya, dilakukan secara berjamaah," ungkap Agus.

Dikatakan sosok pria yang juga berjiwa sosial ini, Hal yang memprihatinkan di dusun itu kurangnya guru yang mengajar anak-anak membaca Al-Quran. Untuk itu, Agus mengaku, setiap sore bakal mendatangi tempat itu guna mengajar anak-anak agar pandai membaca Al-Qur'an.

"Setiap sore, saya bakal datang ke sana guna mengajarkan mereka mengaji. Dan pada kesempatan itu, saya juga menyampaikan himbauan terhadap orang tua agar lebih peduli dengan pengetahuan dan kegiatan anak-anak," imbuhnya.
Brigadir Agus sedang mengajar anak-anak untuk ngaji. Foto ist
Menurut pria yang cukup aktif dalam membantu warga binaannya ini, adalah sebagai orang islam diharuskan untuk bisa membaca Al-Qur'an. "Kami usai belajar ngaji, dilanjutkan dengan sholat isya secara berjamaah," katanya.

Sementara, warga setempat sangat mengapresiasi Brigadir Agus Salim karena menurut mereka jarang-jarang seorang polisi melakukan apa yang sudah dilakukan Brigadir Agus Salim.

"Kami sangat bersyukur dengan giat yang sudah dilakukan oleh Bhabinkamtibmas yang di mana giat ini sangat positif untuk generasi penerus lebih khusus di dusun kami Desa Bakajaya," ujar salah satu tokoh agama di dusun setempat. [RIS]