Luar Biasa, Capaian Awal Tahun STKIP Tamsis, 17 Proposal Hibah Didanai Kemenristek

Iklan Semua Halaman

.

Luar Biasa, Capaian Awal Tahun STKIP Tamsis, 17 Proposal Hibah Didanai Kemenristek

Jumat, 31 Januari 2020
Sivitas Akademika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima. Beberapa Tahun Terakhir Kiprah dan Pengabdian Dosen Setempat Terus Menunjukan Progres. Salah Satunya dengan Meningkatnya Proposal yang Mendapatkan Hibah dari Kementerian Riset dan Teknologi.

Bima, Berita11.com— Luar biasa adalah ungkapan yang tepat terhadap prestasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa (STKIP Tamsis) Bima. Kampus setempat berhasil mengawali tahun dengan capaian luar biasa, dengan lolosnya 17 proposal hibah yang didanai Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek/ BRIN).

Bagi sivitas akademika setempat, ungkapan usaha tak menghianati hasil, benar-benar dirasakan STKIP Tamsis Bima. Jumlah proposal hibah dari Kemenristek meningkat dari tahun ke tahun.

17 proposal yang lolos mendapatkan dana hibah dari Kementerian Ristek yaitu 12 proposal skim Penelitian Dosen Pemula (PDP), empat proposal skim (tema) Penelitian Kerja Sama Perguruan Tinggi (PKPT) dan satu proposal pengabdian skim PKMS.

"Lagi dan lagi STKIP Taman Siswa Bima menunjukkan kualitasnya. Kali ini kabar gembira datang dari prestasi dosen-dosen terbaik STKIP Taman Siswa Bima di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Sebanyak 12 proposal Penelitian Dosen Pemula (PKPT), empat proposal Penelitian Kerja Sama Perguruan Tinggi (PKPT) usulan baru, satu PKPT lanjutan dan astu proposal pengabdian masyarakat pada skim PKMS didanai Kemenristek untuk tahun 2020,” sebut Ketua LPPM STKIP Tamsis Bima, Anisah M.Pd saat dikonformasi melalui gawai canggihya, Rabu (29/1/2020).

Dikatakan dia, jumlah tersebut menjadi yang tertinggi selama 12 tahun kiprah STKIP Taman Siswa Bima.

Menurutnya, sejak kepemimpinan diamanahkan kepada Dr Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si, sejak tahun 2015 silam, berbagai gebrakan, ide dan inovasi terus dilakukan dalam meningkatkan kualitas dan prestasi sivitas akademika.

“Alhasil banyak pencapaian-pencapaian dan prestai yang diraih selama beberapa tahun terakhir, terutama prestasi dosen bidang penelitian dan pengebdian masyarakat. Hibah penelitian dan pengabdian masyarakat STKIP Tamsis Bima dari tahun ke tahun terus melonjak naik,” katanya.


"Tercatat tahun 2016 STKIP Taman Siswa Bima memulai dengan dua proposal penelitian dosen pemula yang didanai,  di tahun berikutnya 2017  terdapat tujuh proposal hibah PDP yang didanai.  Di tahun 2018 terjadi peningkatan yang sangat signifikan, yaitu terdapat 11 proposal PDP, satu PKPT dan dua proposal pengabdian masyarakat. Kala itu dana hibah yang dikelola oleh STKIP Tamsis Bima mencapai 400 juta rupiah,” sebut Anisah.

Kemudian tahun 2019, sekolah tinggi berjuluk kampus merah itu tidak berhenti melakukan berbagai langkah—langkah meningkatkan keterlibatan dosen dalam mengajukan hibah. Sejumlah pakar dari kampus ternama didatangkan, reviewer nasional diundang untuk memberikan workshop, Bimtek dan pelatihan. Beberapa pelatihan bergengsi yang diadakan di luar kampus juga terus diikuti guna meningkatkan kuantitas dan kualitas proposal hibah yang didanai.

“Alhasil pada tahun 2019 sebanyak sembilan proposal PDP, dua PKPT dan satu PKM didanai saat itu. Tidak tanggung-tanggung dana hibah yang diberikan kepada dosen STKIP Tamsis Bima lebih dari setengah miliar rupiah. Yang berbeda di tahun 2019 adalah bahwa skim penelitian dosen banyak yang sudah meningkat,” urai Anisah.

Hasil tersebut tidak menjadikan STKIP Tamsis Bima berpuas diri. Sadar di tahun 2020 sudah banyak dosen yang naik skim, maka perlu strategi yang tepat untuk mendukung capaian dosen pada skim yang lebih tinggi.

Untuk hibah 2020, lanjut Anisah, LPPM menyiapkan serangkaian kegiatan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas proposal hibah dosen. Strategi yang digunakan berbeda, yaitu program satu dosen satu proposal.

“Hasilnya luar biasa, di tahun 2020 ini STKIP Taman Siswa Bima berhasil meloloskan 12 proposal hibah PDP, empat hibah PKPT dan satu hibah pengabdian masyarakat. Diperkirakan dari hibah tersebut (STKIP) Tamsis akan mendapatkan dana penelitian dan pengabdian hampir Rp1 miliar,” jelasnya.

Sebagai Ketua LPPM, Anisah mengaku sangat bahagia dengan hasil tersebut. Tentunya itu semua berkat dukungan dari yayasan dan Ketua STKIP Tamsis Bima, soliditas staf dan pegawai LPPM, dan semangat yang tinggi dari dosen-dosen dalam menyusun proposal hibah.

Menurutnya, tanpa dukungan tersebut, tak ada akan ada lonjakan yang drastis seperti itu. “Meski hasil tersebut sudah amat membanggakan kami, kami dari LPPM tidak akan puas diri, untuk pengajuan tahun 2020 pendanaan 2021, kami harus lebih ekstra lagi menyiapkan serangkaian kegiatan untuk peningkatan kualitas proposal hibah dosen,” katanya.

Ditambahkannya, tantangan tahun 2021 semakin tinggi karena sebagian besar dosen STKIP Tamsis Bima sudah naik skim, sehingga untuk menyiapkan itu, perlu dari sekarang.
Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si yang dikonfirmasi berkaitan capaian itu mengatakan, jalan mewujudkan STKIP Tamsis Beradab go Internasional semakin terbuka lebar.

“Insya Allah akan terus berbenah dari tahun ke tahun. Prinsip kerja berlari kejar ketertinggalan dengan tetap berikhtiar, taat pada Allah, Alquran, as sunnah dan pemimpin di antara kalian,” katanya. [RD]