Sikapi Penyebaran Virus Corona, ini Imbauan dan Antisipasi Dikes Kabupaten Bima -->

Iklan Semua Halaman

.

Sikapi Penyebaran Virus Corona, ini Imbauan dan Antisipasi Dikes Kabupaten Bima

Sunday, January 26, 2020
Ilustrasi Virus Corona. Image Source.


Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima akan menyiapkan sejumlah langkah antisipatif untuk menyikapi penyebaran virus corona, sebagaimana yang menjadi wabah dunia.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dikes Kabupaten Bima, H Rifai M.Ap menjelaskan, dalam waktu tak lama lagi pihaknya akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat bekaitan tanda, gejala, cara penularan serta pencegahan virus corona.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima berkaitan kesiapan apabila ada dicurigai kasus suspect virus corona. “Kami juga koordinasi dengan Koordinator Kesehatan Pelabuhan dan Bandara Sultan Muhammad Salahuddin,” ujarnya Minggu (26/1/2020) siang.

Dikatakannya, penyakit tersebut belum ada vaksinnya, sehingga ditakuti masyarakat dunia. Untuk mengurangi risiko terinfeksi coronavirus, H Rifai mengimbau masyarakat agar mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan cairan antiseptic (hand rub), menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin dengan menggunakan tisu atau lengan dalam baju.

Selain itu, masyarakat diimbau menghindari kontak erat dengan orang yang memiliki gejala batuk dan flu, memasak daging dan telur hingga matang sempurna, menghindari bersentuhan dengan hewan liar dan ternak.

Dijelaskannnya, cara mencegah diri sendiri dan orang yang disayangi dari risiko terinfeksi coronavirus dilkaukan dengan mencuci tangan setelah batuk atau bersin, saat merawat oang sakit, sebelum, saat dan setelah menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah maka, setelah dai kamar mandi, saat tangan tampak kotor, serta setelah bersentuhan degnan hewan atau limbah hewan. [US]